PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN KKN, PENERAPAN SISTEM PELAPORAN KKN DAN SANKSI PELANGGARAN TERHADAP KEPATUHAN MAHASISWA DALAM MELAKUKAN LAPORAN KKN YANG DIMODERASI PEMAHAMAN PERATURAN KKN UNISLA DAN KUALITAS DOSEN PEM

Authors

  • Abid Muhtarom
  • Nurul Badriyah
  • Moh Rifqi Ulul Albab

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan mahasiswa dalam melaksanakan KKN, penerapan sistem pelaporan KKN dan sanksi pelanggaran terhadap kepatuhan mahasiswa dalam melakukan laporan KKN yang dimoderasi pemahaman peraturan KKN Unisla dan kualitas dosen pembimbing lapangan dengan studi kasus mahasiswa KKN Unisla tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan kuantitatif research dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Metode penentuan sampel menggunakan metode perhitungan menggunakan rumus slovin. Sampel yang diproses adalah 298 kuesioner dengan menggunakan program Smart PLS versi 3.2.9.  Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi pelanggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan mahasiswa dalam pelaporan. Pengetahuan mahasiswa dalam pelaksanaan KKN dan penerapan sistem pelaporan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuahn mahasiswa dalam pelaporan. Pemahaman peraturan dan kualitas DPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan mahasiswa dalam pelaporan. Pemahaman peraturan dan kualitas DPL mampu memediasi antara variabel independen dengan variabel dependen.

 

Kata Kunci :   Kualitas pelayanan, pengetahuan mahasiswa, sistem pelaporan, sanksi pelanggaran, kepatuhan mahasiswa , pemahaman peraturan

References

Agustapraja, H. R. (2022). Observasi Litbang Pemas Unisla terkait dengan KKN Unisla. Dalam Litbang Pemas Unisla.

Aldira, P. S. (2021). Pengaruh tunjangan kinerja terhadap produktivitas kerja pegawai di lembaga penyiaran publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Malang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkcecwara.

Andika, H. (2021, Januari 24). KKN sebagai salah satu representasi tri dharma perguruan tinggi. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/husniandika7322/600d73acd541df38cf7ff9b2/kkn-sebagai-salah-satu-representasi-tri-dharma-perguruan-tinggi

Atarwaman, R. J. D. (2020). Pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal akuntansi, 6(1), 39–51.

Dzikrulloh, A., Muhtarom, A., Muklis Sulaeman, M., & Heru Budi Santoso, M. (2022). Pengaruh marketing mix (4P) terhadap keputusan pembelian dimediasi kepuasan konsumen pada usaha UMKM. Jurnal Ekombis Review, 10(2), 833–840. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2

Fidesrinur, F., Shah, A. H., & Amelia, Z. (2022). Peran dosen pembimbing lapangan dalam meningkatkan efektifitas program kampus mengajar. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(2), 73. https://doi.org/10.36722/sh.v7i2.1133

Firdaus Surya Putri, A., Muhtarom, A., & Kusbandono, D. (2023). Determinasi variasi produk, kualitas pelayanan, word of mouth dan lokasi terhadap peningkatan volume penjualan dimediasi loyalitas pelanggan pada toko oleh-oleh khas lamongan Hj. fatimah (analisis metode-partial -least square (pls) – Structural Equation Modeling (SEM)). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(1), 99–114. https://doi.org/10.46306/jbbe.v16i1

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review, 31(1), 2–24. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Israwati, N., Akib, F., & Gunawan. (2021). Perancangan sistem informasi manajemen pengelolaan pelaporan kuliah kerja nyata berbasis web (studi kasus: Lp2m UIN Alauddin Makassar). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/insypro/article/view/23073

Listya Anggraini, W., Muhtarom, A., Pambudy Priya, A., Efendi, Y., Nordiawan, D., & Ghofur, A. (2022). The effect of product knowlegde, online customer review, online customer rating and prices on consumer buying interest in mediation of trust in the marketplace shopee (study at MWCNU Sukodadi). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2149–2161. http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Majid, A. (2020). Pengaruh penerapan e-system, sosialisasi, pengetahuan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2873

Muhtarom, A., Imam Syairozi, M., & Lovi Yonita, H. (2022). Analisis persepsi harga, lokasi, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi keputusan pembelian (studi kasus pada umkm skck (stasiun kuliner canditunggal kalitengah) metode structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least Square (PLS). Jurnal Ekombis Review - Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10, 391–402.

Muhtarom, A., Rafikah Zulyanti, N., & Mufidah, N. (2021). Analisis pengaruh ekuitas merek, kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan di masa kebiasaan baru (Studi Kasus PT Ladang Hijau Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 6(2), 101–113.

Muhtarom, A., Suprapto, H., & Julia Agustin, M. (2021). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, efikasi diri, sikap mandiri, kreativitas dan motivasi terhadap minat berwirausaha di masa kebiasaan baru pada anggota Pelita Akademi Lamongan. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 6(1), 16–26.

Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis persepsi harga, kualitas pelayanan, customer relationship marketing, dan kepercayaan terhadap peningkatan penjualan dimediasi loyalitas pelanggan pada umkm ayam potong online elmonsu. Jurnal ekonomi & ekonomi syariah, 5(1), 743–755. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.66

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayanti, R. D. (2022). Analisis citra merek, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian dimediasi minat beli. Derivatif: Jurnal manajemen, 16(1), 36–47.

Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan fiskus, pemahaman peraturan perpajakan dan penerapan sistem e-filling terhadap kepatuhan wajib pajak: sosialisasi perpajakan sebagai pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20(2), 145–153. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688

Santika, E., Muhtarom, A., Fitrotun Najiah, E., Ruswaji, Nurkholidah, L., Nur Azizah, L., & Masruroh Isnawati, U. (2020). Analysis of total quality management (tqm), performance measurement system, reward system and organizational commitment to managerial performance on dealer Bonanza Motor Lamongan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial, 3(1), 26–44.

Saputri, S. (2021). Pengaruh penerapane-filing, e-billing dan pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajakselama pandemi covid-19. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(7), 1–14. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4105/

Yulianto, K. I. (2020). Pengaruh tingkat pelayan terhadap kepatuhan wajib pajak badan di kantor pelayanan pajak pratama Cilandak. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 1(1), 42–49.

Downloads

Published

06-01-2024

How to Cite

Muhtarom, A. ., Badriyah, N. ., & Albab, M. R. U. . (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN KKN, PENERAPAN SISTEM PELAPORAN KKN DAN SANKSI PELANGGARAN TERHADAP KEPATUHAN MAHASISWA DALAM MELAKUKAN LAPORAN KKN YANG DIMODERASI PEMAHAMAN PERATURAN KKN UNISLA DAN KUALITAS DOSEN PEM. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 8(2), 235–249. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/788

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>