https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/issue/feed Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 2021-07-02T10:46:01+07:00 Redaksi Jurnal PENATARAN penataran@stieken.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian oleh para praktisi dan akademisi di bidang Manajemen secara umum serta Manajemen Keuangan dan Sistem Informasi Manajemen.</p> <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) sudah memiliki e-ISSN dengan nomor : 2549-9289, diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu tahun di bulan Juni dan Desember.</p> <p>------------------</p> <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) is an open-access refreed indexed journal, published biannualy in June and December. The articles to be submitted should be in Bahasa Indonesia and/or English. PENATARAN welcomes articles from different institutions and countries. The journal is published only online version (e-ISSN : 2549-9289).</p> <p>PENATARAN invites research papers on various research themes relevant to management, financial management and management information system. The journal is interested in publishing research papers that provide sound and clear theoretical insights with practical implications for the management, financial management and management information system well being. As per the title of the journal, it calls for papers on any management, financial management and management information system topic that challenges the traditional wisdom of the readers.</p> https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/509 PENGARUH POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN BISNIS ONLINE 2021-06-30T10:32:44+07:00 Hariyanto tnt@yahoo.com <p><em>Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Potongan Harga terhadap kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian dan bisnis online pada konsumen Traveloka. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu Potongan Harga (X1) sebagai variable bebas sedangkan variable tergantung adalah keputusan pembelian (Y1) dan kepuasan pelanggan (Y2). Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkucecwara jurusan Manajemen angkatan 2019/2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara online melalui media sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukan bahwa Potongan Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (H1 dan H2 diterima). </em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:</em> <em>Kepuasan </em><em>Pelanggan,</em><em> Keputusan Pembelian, Potongan Harga</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Hariyanto https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/511 PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, SIKAP MANDIRI, KREATIVITAS DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI MASA KEBIASAAN BARU PADA ANGGOTA PELITA AKADEMI LAMONGAN 2021-07-01T10:17:43+07:00 Abid Muhtarom rarapalupi5@gmail.com Hery Suprapto rarapalupi5@gmail.com Muanifah Julia Agustin rarapalupi5@gmail.com <p><em>Banyaknya jumlah pengangguran dan kemiskinan yang semakin meningkat, karena dengan banyaknya jumlah lulusan sekolah atau perguruan tinggi yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan pada saat ini, dan upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan kemisikinan ini adalah dengan mempunyai keberanian untuk membuka suatu usaha baru, obyek penelitian ini pada anggota Pelita Akademi Lamongan. Jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah anggota Pelita Akademi Lamongan sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan </em><em>alat analisis Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji asumsi klasik: uji normalitas, uji </em><em>multikolonearitas</em><em>, uji </em><em>heteroskedastisitas</em><em>, Uji regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, Uji t dan Uji F. </em><em>Hasil analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket secara online kemudian dilakukan uji persial dan simultan menggunakan SPSS. Uji persial telah menghasilkan t<sub>hitung </sub>mempunyai nilai lebih besar dari pada nilai t<sub>tabel </sub>(X<sub>1</sub>= 2,883&gt;1,985, X<sub>2</sub>= 2,089&gt;1,985, X<sub>3</sub>= 3,061&gt;1,985, X<sub>4</sub>= 2,748&gt;1,985, X<sub>5</sub>= 2,492&gt;1,985, X<sub>6</sub>= 3,021&gt;1,985). Sehingga dapat diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, efikasi diri, sikap mandiri, kreativitas dan motivasi berpengaruh secara persial terhadap minat berwirausaha. Untuk uji simultan telah menghasilkan F<sub>hitung </sub>mempunyai nilai lebih besar dari pada nilai F<sub>tabel </sub>(93,509&gt;2,31). Sehingga dapat diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, efikasi diri, sikap mandiri, kreativitas dan motivasi berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Dari variabel independen yang paling dominan efikasi diri.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Efikasi Diri, Kreativitas, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Sikap Mandiri.</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Abid Muhtarom, Hery Suprapto, Muanifah Julia Agustin https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/512 PENGARUH STRESS KERJA, BEBAN KERJA, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BPR ARTHA SAMUDRA INDONESIA 2021-07-01T10:30:47+07:00 Tety Ramadhani Januarizki rarapalupi5@gmail.com Dhiyan Septa Wihara rarapalupi5@gmail.com <p><em>Penelitian </em><em>ini</em><em> bertujuan untuk (1) Menganalisis Pengaruh Stress kerja, Beban kerja dan Komunikasi Interpersonal secara parsial terhadap kinerja karyawan BPR Artha Samudra Indonesia, (2) Menganalisis Pengaruh Stress Kerja, Beban Kerja dan Komunikasi Interpersonal secara simultan terhadap kinerja karyawan BPR Artha Samudra Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 karyawan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria karyawan bagian AO (Account Officer). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuisioner dan teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan uji t untuk menganalisis secara parsial dan uji F untuk menganalisis secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan stress kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan BPR Artha Samudra Indonesia dengan tingkat signifikansi (0,00&lt;0,05). Beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyaan BPR Artha Samudra Indonesia dengan tingkat signifikansi (0,04&lt;0,05) dan komunikasi interpersonal juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan BPR Artha Samudra Indonesia dengan tingkat signifikansi (0,04&lt;0,05). Secara simultan ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifkan terhadap kinerja karyawan BPR Artha Samudra Indonesia dengan tingkat signifikansi (0,000&lt;0,05).</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: &nbsp;&nbsp; Account Officer</em><em>,</em><em> Beban Kerja, BPR Artha Samudra Indonesia, Komunikasi Interpersonal, Kinerja Karyawan, Stress Kerja</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Tety Ramadhani Januarizki , Dhiyan Septa Wihara https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/513 ANALISIS DAMPAK STRESS KERJA, BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT ARTABOGA CEMERLANG DEPO KEDIRI 2021-07-01T10:43:06+07:00 Ocha Medika Aditya rarapalupi5@gmail.com Basthoumi Muslih rarapalupi5@gmail.com Restin Meilina rarapalupi5@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian </em><em>ini</em><em> yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara stress kerja, beban kerja dan lingkungan kerja terhadap Turnover Intention pada PT. Artaboga Cemerlang Depo Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian bersifat kausal dan pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pegawai di PT. Artaboga Cemerlang Depo Kediri yang berjumlah 120 karyawan. Sampel yang digunakan yaitu karyawan PT. Artaboga Cemerlang Depo Kediri di bagian penjualan atau marketing dengan 25% keseluruhan populasi yaitu berjumlah 30 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analaisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 25. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara stress kerja, beban kerja dan lingkungan kerja terhadap turnover intention pada PT. Artaboga Cemerlang Depo Kediri.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Stress Kerja, Turnover Intention</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Ocha Medika Aditya, Basthoumi Muslih, Restin Meilina https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/514 UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI OPTIMALISASI PROMOSI, HARGA, DAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PUSAT OLEH-OLEH GUDANGE TAHU TAKWA 2021-07-01T10:49:59+07:00 Devi Novitasari rarapalupi5@gmail.com Samari rarapalupi5@gmail.com <p><em>Penelitian</em><em> ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel promosi, harga, dan saluran distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume pennjualan pada Pada Puasat Oleh-Oleh Gudange Tahu Takwa Di Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penilitian deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang di sebar ke 40 konsumen Pada Puasat Oleh-Oleh Gudange Tahu Takwa Di Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPPS for windows versi 25. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial pengaruh promosi signifikan,</em> <em>kemudian harga signifikan, dan saluran distribusi signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan hasil penelitian secara simultan pengaruh promosi, harga, dan saluran distribusi terhadap volume penjualan signifikan.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Harga</em><em>,</em><em> Promosi, Saluran Distribusi</em><em>,</em><em> Volume Penjualan</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Devi Novitasari , Samari https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/515 URGENSI PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS DI MASA COVID-19 2021-07-01T10:55:22+07:00 Fierda Ananda Eka Banowati rarapalupi5@gmail.com Rino Sardanto rarapalupi5@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel tempat, proses dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen memilih lembaga kursus bahasa inggris di GENTA (Golden English Training Area) Kampung Inggris Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar ke 40 konsumen yang mendaftar di GENTA (Golden English Training Area) Kampung Inggris Pare dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tempat, proses dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen memilih lembaga kursus bahasa inggris GENTA (Golden English Training Area).</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em> : Keputusan Konsumen, Promosi, Proses, dan Tempat</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Fierda Ananda Eka Banowati , Rino Sardanto https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/517 ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PT PUTRA SUMBER HASIL LAMONGAN (SPBU 54.622.15 SUMBERDADI MANTUP LAMONGAN) 2021-07-02T10:10:42+07:00 Noer Rafikah Zulyanti rarapalupi5@gmail.com Nurul Badriyah rarapalupi5@gmail.com Ahmad Al Vandik rarapalupi5@gmail.com <p><em>Tujuan </em><em>penelitiaan</em><em> yang dilakukan ini guna melihat seberapa jauh pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, persepsi harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada Spbu 54.622.15 Sumberdadi Mantup Lamongan. &nbsp;Populasi penelitian ini pun adalah dari pelanggan yang sudah membeli BBM selama bulan November dan Desember sebanyak 870 responden , setelah di lakukan perhitungan dengan rumus Slovin maka sempel yang di gunakan adalah 90 responden, dan memakai deskriptif kuantitatif dengan sampel yang diambil mempergunakan Purposive Sampling, dan selanjutnya dianalisis dengan bantuan Software IBM SPSS Version 25.</em> <em>Hasil analisis yang sudah di lakukan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, persepsi harga, dan fasilitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Spbu 54.622.15 Sumberdadi Mantup Lamongan secara individual dan bersamaan, dilihat dari uji-t yang menujukan setiap variabel nilai t-<sub>hitung </sub>nya melebihi nilai t-<sub>tabel </sub>, dan dari uji F nilai F-<sub>hitung</sub> juga melebihi nilai F- <sub>tabel</sub>. Adapun variabel yang paling mendominasi yakni&nbsp; kualitas pelayanan dalam memberikan pengaruhnya dimana terlihat dari pengujian regresi linier berganda&nbsp; nilai koefisien beta berskor 0,708 yang memperlihatkan bahwasannya hasil tersebut paling besar diantara variabel yang lain.&nbsp; </em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong>:&nbsp;&nbsp;&nbsp; <em>fasilitas, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, kualitas produk, persepsi harga</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Noer Rafikah Zulyanti, Nurul Badriyah, Ahmad Al Vandik https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/518 KAJIAN PENGARUH REPUTASI AUDITOR, UKURAN PERUSAHAAN DAN RASIO KEUANGAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI 2021-07-02T10:16:47+07:00 Hestin Sri Widiawati rarapalupi5@gmail.com Diah Nurdiwaty rarapalupi5@gmail.com <p><em>Opini audit going concern sangat penting bagi pengguna laporan keuangan dalam menetapkan keputusan investasi. Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern yaitu kinerja keuangan dan non keuangan. </em><em>Penelitian</em><em> ini merupakan penelitian kuantitatif. dengan populasi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar berturut-turut di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017 sebanyak 141 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 perusahaan manufaktur yang diperoleh dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi logistik menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern yang dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Variabel ukuran Perusahaan dan Reputasi Auditor juga tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,334 dan 0,508 lebih besar dari 0,05. Saran untuk manajemen perusahaan agar melakukan analisis yang mendalam terhadap laporan keuangan agar perusahaan terhindar dari opini audit going concern, sementara untuk auditor agar berhati-hati dalam memberikan opini audit going concern karena dapat merugikan dirinya maupun perusahaan yang diaudit.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong> <em>Likuiditas, Opini Audit Going Concern, Profitabilitas, Reputasi Auditor, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan</em></p> 2021-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Hestin Sri Widiawati , Diah Nurdiwaty