https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/issue/feed Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 2024-01-30T11:22:31+07:00 Redaksi Jurnal PENATARAN penataran@stieken.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian oleh para praktisi dan akademisi di bidang Manajemen secara umum serta Manajemen Keuangan dan Sistem Informasi Manajemen.</p> <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) sudah memiliki e-ISSN dengan nomor : 2549-9289, diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu tahun di bulan Juni dan Desember.</p> <p>------------------</p> <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) is an open-access refreed indexed journal, published biannualy in June and December. The articles to be submitted should be in Bahasa Indonesia and/or English. PENATARAN welcomes articles from different institutions and countries. The journal is published only online version (e-ISSN : 2549-9289).</p> <p>PENATARAN invites research papers on various research themes relevant to management, financial management and management information system. The journal is interested in publishing research papers that provide sound and clear theoretical insights with practical implications for the management, financial management and management information system well being. As per the title of the journal, it calls for papers on any management, financial management and management information system topic that challenges the traditional wisdom of the readers.</p> https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/797 PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING PADA MARKETPLACE SHOPEE 2024-01-30T11:22:31+07:00 Rania Vicka Larasati tnt@yahoo.com Ema Prasetyorini tnt@yahoo.com Budi Elyas tnt@yahoo.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Persaingan di dunia bisnis menjadi sangat ketat karena disebabkan oleh perkembangan dari waktu ke waktu. Strategi pemasaran yang tepat dibutuhkan untuk menarik konsumen dan mempertahankan pangsa pasar sehingga produk bisa menjadi pilihan utama bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening pada marketplace Shopee. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengikut official store Shopee Scarlett Whitening. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Hasil uji T diketahui nilai thitung = 3,453 dan 10,766 dengan tingkat signifikansi 0,000. Hasil uji F adalah Fhitung = 162,361 dengan signifikansi 0,000 yang terdapat pengaruh Brand Ambassador (X1) dan Brand Image (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah brand ambassador dan brand image semakin baik maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian pada produk Scarlett Whitening pada marketplace Shopee.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian</em></p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rania Vicka Larasati, Ema Prasetyorini, Budi Elyas https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/788 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN KKN, PENERAPAN SISTEM PELAPORAN KKN DAN SANKSI PELANGGARAN TERHADAP KEPATUHAN MAHASISWA DALAM MELAKUKAN LAPORAN KKN YANG DIMODERASI PEMAHAMAN PERATURAN KKN UNISLA DAN KUALITAS DOSEN PEM 2024-01-06T14:24:04+07:00 Abid Muhtarom tnt@yahoo.com Nurul Badriyah tnt@yahoo.com Moh Rifqi Ulul Albab tnt@yahoo.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan mahasiswa dalam melaksanakan KKN, penerapan sistem pelaporan KKN dan sanksi pelanggaran terhadap kepatuhan mahasiswa dalam melakukan laporan KKN yang dimoderasi pemahaman peraturan KKN Unisla dan kualitas dosen pembimbing lapangan dengan studi kasus mahasiswa KKN Unisla tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan kuantitatif research dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Metode penentuan sampel menggunakan metode perhitungan menggunakan rumus slovin. Sampel yang diproses adalah 298 kuesioner dengan menggunakan program Smart PLS versi 3.2.9.&nbsp; Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi pelanggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan mahasiswa dalam pelaporan. Pengetahuan mahasiswa dalam pelaksanaan KKN dan penerapan sistem pelaporan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuahn mahasiswa dalam pelaporan. Pemahaman peraturan dan kualitas DPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan mahasiswa dalam pelaporan. Pemahaman peraturan dan kualitas DPL mampu memediasi antara variabel independen dengan variabel dependen.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong> &nbsp; <em>Kualitas pelayanan, pengetahuan mahasiswa, sistem pelaporan, sanksi pelanggaran, kepatuhan mahasiswa , pemahaman peraturan</em></p> 2024-01-06T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Abid Muhtarom, Nurul Badriyah, Moh Rifqi Ulul Albab https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/786 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT “NGUNUT ARTA” TULUNGAGUNG) 2024-01-01T14:10:04+07:00 Budi Prasetyo tnt@yahoo.com Nurani tnt@yahoo.com Marlena tnt@yahoo.com Roudatul Janah tnt@yahoo.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Kinerja karyawan merupakan salah satu penentu kesuksesan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya. Kinerja bersifat individu dan berbeda-beda antara satu karyawan dengan yang lainya. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian dari manajemen sumber daya manusia untuk memperhatikan porsi kerja dan kemampuan karyawan dalam kinerja perusahaan. Kinerja karyawan secara efektif dan efisian akan meningkatkan produktifitas perusahaan, dan ketiga faktor dari budaya organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja merupakan aspek penentu seberapa besar tingkat kinerja karyawan dalam suatu organisasi. Memilih karyawan PT. Bank Perkreditan Rakyat “Ngunut Arta” Tulungagung sebagai obyek penelitian. Menggunakan metode survey dan regresi linier berganda dengan analisa jalur sebagai alat analisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05. Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05. Budaya organisasi dan motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai sig F sebesar 0,000 &lt; 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05. Budaya Organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja. Pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja (0,459) lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja karyawan (0,326). Motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja (0,492) lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja (0,349). </em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci: &nbsp;</em></strong><em>Budaya Organisasi, Motivasi, Kinerja, Kepuasan Kerja</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Budi Prasetyo, Nurani, Marlena, Roudatul Janah https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/785 KONTEN INFOGRAFIS SEBAGAI UPAYA MENGUBAH PERILAKU INDIVIDU DALAM MENGURANGI JEJAK KARBON STUDI PADA PEMUDA DI KOTA KUPANG 2024-01-01T14:03:47+07:00 Septia S. Dioh tnt@yahoo.com Jappy P. Fanggidae tnt@yahoo.com Melda M. Poeh tnt@yahoo.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Penelitian ini ingin melihat penggunaan infografis sebagai alternatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pemuda kota kupang terhadap perilaku penghasil jejak karbon. Oleh karena itu persuasi melalui ILM dengan konten infografis yang menonjolkan rasa bersalah diharapkan dapat berkontribusi bagi program green economy. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design, untuk mengetahui efek dari ILM dengan konten infografis anti jejak karbon terhadap sikap perilaku penghasil jejak karbon. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa infografis sebagai iklan layanan masyarakat dapat membentuk ketertarikan publik untuk mengubah perilaku dalam mengurangi jejak karbon.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata kunci: </em></strong><em>infografis, pemasaran sosial, metode eksperimen</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Septia S. Dioh, Jappy P. Fanggidae, Melda M. Poeh https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/784 PENGEMBANGAN PARAWISATA (COMMUNITY BASED TOURISM) SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN NUSA TENGGARA TIMUR 2024-01-01T13:58:38+07:00 Maria C.B Manteiro tnt@yahoo.com <p><strong>A</strong><strong><em>bstrak</em></strong></p> <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi COVID-19 telah menghantam industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal Ini bisa dilihat sejak Februari 2020/2021 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastic, hal yang sama juga terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur&nbsp; , khususnya di Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS). Salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah dengan mengembangkan parawisata berbasis masyarakat Community Based Tourism-CBT). Konsep CBT juga dapat dikembangkan sebagai salah satu bentuk pemberdayaan kepada masyarakat yang mana mengusung budaya asli yang dimiliki masyarakat setempat seperti dalam melakukan aktivitas keseharian mereka. Metode Metode yang digunankan metode survei deskriptif, dan subyek yang diteliti adaklah Responden dalam penelitian ini adalah camat Fatumnasi, kepala desa Fatumnasi, masyarakat setempat dalam hal ni tokoh adat dan ketua karang taruna, pemerintah dalam hal ini Dinas Parawisata, BAPEDA dan para wisatawan teknik pengumpulan data seperti, 1). Teknik wawancara mendalam (Depth Interview) yang menggunakan model semistruktur akan dilakukan secara berulang - ulang dan intensif, 2) Observasi non partisipan dilakukan hanya untuk mengobservasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pengembangan CBT sebagai strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal di kecamatan Fatumnasi akan berhasil apabila semua komponen tersedia dan mendapat dukungan dari semua stakeholders. Potensi pengembangan parawisata yang dapat di kembangkan di kecamatan Fatumnasi kabupaten Timor Tengah selatan adalah wisata alam, wisata budaya, wisata kerajinan. Pengembangan CBT dapat dirumuskan dengan strategi to see, to do, to buy,to share, To Empower, dan to sustain, dengan strategi ini diharapkan dapat meberikan keuntungan bagi masyarakat maupun wisatawan. Dalam pengembangan CBT terdapat beberapa kendala antara lain terbatasnya sumber daya manusia, kurangnya dukungan dari pemerinta,pihak swasta dan lembaga terkait dan kurangnya partisipasi dari masyarakat.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: </em><em>pengembangan parawisata, Community Based Tourism-CBT, pemberdayaan ekonomi masyarakat</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Maria C.B Manteiro https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/783 ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR, DIVERSIFIKASI PRODUK, REVITALISASI PASAR DAN KEMAMPUAN KERJA TTERHADAP KUALITAS PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL LEMBUNG LOR 2024-01-01T13:35:57+07:00 Alifia Dwi Purwati tnt@yahoo.com Aidha Risma Sa’dana tnt@yahoo.com Rizka Novianti Fauziah tnt@yahoo.com Aulia Dwi Nur Fitriani tnt@yahoo.com Abid Muhtarom tnt@yahoo.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh manajemen pengelolaan pasar, diversifikasi produk, revitalisasi pasar, kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan guna meningkatkan pendapatan pedagang Pasar Tradisional Lembung Lor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis SEM melalui aplikasi Smart-PLS versi 3.0. Uji dilakukan dengan model pengukuran (Outer Model), model struktural (Inner Model), uji mediasi dan uji hipotesis. Sampel penelitian sebanyak 262 responden. Berdasarkan hasil yang diperoleh secara parsial bahwa terjadi hubungan antara manajemen pengelolaan pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan, diversifikasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan, revitalisasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan, dan kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan. Hasil uji mediasi menunjukkan secara parsial menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan pasar, diversifikasi produk, revitalisasi pasar, kemampuan kerja, terhadap peningkatan pendapatan, yang dimediasi dengan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan.</em> <em>atau dapat dikatakan partial mediation.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata kunci: &nbsp;&nbsp;&nbsp; </em></strong><em>Manajemen Pengelolaan Pasar, Diversifikasi Produk, Revitalisasi Pasar, Kemampuan Kerja, Kualitas Pelayanan, dan Peningkatan Pendapatan</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Alifia Dwi Purwati, Aidha Risma Sa’dana, Rizka Novianti Fauziah, Aulia Dwi Nur Fitriani, Abid Muhtarom https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/782 PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, KEMAMPUAN USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KEDIREN KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN) 2024-01-01T13:04:16+07:00 Abid Muhtarom tnt@yahoo.com Erlindiyanti Saidatul Munaffidah tnt@yahoo.com Ruswaji tnt@yahoo.com Nurul Badriyah tnt@yahoo.com Zulkifli Lubis tnt@yahoo.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam ekonomi merupakan masalah penting yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan terus menerus. Karena peran UMKM sangat penting, maka dilihat dari jumlah tenaga kerja yang terserap dapat mengurangi tingkat pengangguran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 200 dan metode analisis yang digunakan adalah SEM menggunakan alat Smart-PLS versi 3.0. berdasarkan hasil penelitian bahwa karakteristik wirausaha dan modal usaha terhadap keberhasilan usaha terdapat pengaruh positif secara signifikan. Strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha berpengaruh postif dan signifikan</em><em>,</em><em> dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha terdapat pengaruh negatif secara signifikan. Dari uji mediasi menunjukkan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Non Mediation. Modal usaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Partial Mediation.kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Full Mediation. Strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Partial Mediation.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong> <em>karakteristik wirausaha, modal usaha, kemampuan usaha, strategi pemasaran, keberhasilan usaha dan perkembangan usaha, SEM-PLS</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Abid Muhtarom, Erlindiyanti Saidatul Munaffidah, Ruswaji, Nurul Badriyah, Zulkifli Lubis https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/746 POLA INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DI PASAR TRADISIONAL: SEBUAH TINJAUAN FENOMENOLOGIS KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA SAYURAN DI KOTA KEDIRI 2023-09-04T02:11:55+07:00 Edy Djoko Soeprajitno edydjoko@unpkediri.ac.id Dhiyan Septa Wihara dhiyansepta@unpkediri.ac.id <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kehidupan sosial ekonomi pedagang kaki lima sayuran di pasar tradisional. Sedangkan secara khusus adalah untuk mengidentifikasi pola pemasaran yang spesifik pada distribusi harga untuk membangun kepercayaan antara pedagang dengan bedag permanen, semi permanen dan juga pedagang kaki lima sayuran. Pendekatan fenomenologi digunakan karena penelitian ini berbasis fenomena keseharian yang terjadi dipasar tradisional dimana terjadi polarisasi kepercayaan antar pedagang untuk memperkuat ketahanan sosial mereka. Informan dalam penelitian ini menggunakan 4 orang yang terdiri dari 1 pedagang sayuran bedag permanan, satu pedagang sayuran bedag semi permanen yang berada dipasar tradisional wilayah kediri dan 2 pedagang kaki lima sayuran. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa permasalahan yang terjadi adalah adanya pedagang sayuran dengan jam operasional yang sama sehingga menghalangi pembeli untuk ke lokasi usaha dari pedagang permanen yang ada dipasar tradisional. Interaksi sosial terjadi antar pedagang sehingga membentuk rasa saling percaya yang kuat dan ini bisa menjadi modal sosial bagi pedagang sayuran untuk bisa membangun eksistensinya ditengah persaingan yang semakin ketat. Sedangkan untuk pola integrasi terjadi pada pemberian harga yang berbeda pada pembeli PKL sayuran dan konsumen rumah tangga dan ini merupakan potensi untuk bisa dikembangkan menjadi sebuah kekuatan daya tawar dari PKL sayuran itu sendiri.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata </em></strong><strong><em>k</em></strong><strong><em>unci</em></strong><em>: Pasar Tradisional, Pedagang Kaki Lima Sayuran, Kearifn Lokal, modal Sosial</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Edy Djoko Soeprajitno, Dhiyan Septa Wihara https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/728 ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA MAKANAN KHAS LAMONGAN (STUDY KASUS PADA KONSUMEN SENTRAL NASI BORAN LAMONGAN DENGAN ANALISIS METODE PARTIAL LEAST SQUARE(PLS)-STR 2023-07-01T18:29:04+07:00 Abid Muhtarom tnt@yahoo.com Evi Fitrotun tnt@yahoo.com Yunni Rusmawati tnt@yahoo.com Ardiansyah Putra Pratama tnt@yahoo.com <p><em>Seperti yang kita ketahui pada masa serba modern seperti sekarang ini bidang usaha dalam sektor makanan semakin bergerak dan berkembang begitu pesat. Dengan perkembangan dunia usaha ini kita perlu menyikapi situasi dan kondisi tersebut dengan bersikap menyesuaikan diri dan mengambil langkah — langkah agar usaha dapat bertahan atau bahkan berkembang semakin besar. Penelitian ini merupakan hal baru dimana kualitas produk, harga, kuaitas pelayanan dan lokasi dijadikan satu untuk melihat apakah ada pengaruh pada keputusan Pembelian dimediasi kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga berfokus pada tingkat keputusan Pembelian dan kepuasan pelanggan dengan pembelian makanan khas Lamongan sebagai patokan penelitian yang dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan lokasi di Nasi Boran di Lamongan. Tujuan penelitian ini yakni menguji pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan sebagai mediasinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan Pelanggan Makanan Khas Lamongan (Sentral Nasi Boran) sebanyak 1.080. Sampel Penelitian ini sebanyak 92 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu SEM dengan alat Smart PLS versi 3.3.5. uji yang digunakan adalah uji Outer Model, Uji Inner Model, Uji Mediasi, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Lokasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Arsip, Prosedur Pengelolaan, Sistem</em></p> 2023-06-06T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Abid Muhtarom, Evi Fitrotun, Yunni Rusmawati, Ardiansyah Putra Pratama https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/727 SISTEM DAN PROSEDUR PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR KECAMATAN NEKAMESE KABUPATEN KUPANG 2023-07-01T18:23:42+07:00 Heni M. Sauw tnt@yahoo.com Reisanty M. Djami tnt@yahoo.com Maisy F. Bori tnt@yahoo.com <p><em>Arsip perlu dikelola dengan efektif dan efisien, dengan prosedur dan sistem yang baik sehingga kegiatan yang membutuhkan arsip akan mudah untuk ditemukan dan digunakanjuga suatu organisasi mempunyai pusat ingatan dan sumber informasi yang dapat melancarkan kehidupan dan perkembangan Organisasi. Arsip memiliki peranan yang sangat penting yaitu sebagai alat bantu dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah dan pelaksanaan kehidupan kebangsaan, selain itu juga sebagai salah satu bahan penelitian ilmiah, usaha-usaha pemeliharaan akan lebih mudah apabila data-data yang bersumber dari arsip tertera sudah tertata dengan baik dan sistematis. Namun Kenyataannya memang ada sebagian besar instansi jarang memperhatikan pemeliharaan arsip dimana dalam pelaksanaannya banyak dijumpai arsip yang ditumpuk-tumpuk di gudang-gudang bersamaan dengan kursi-kursi bekas, ban bekas dan sebagainya. Selain itu pengamanannyapun jarang pula diperhatikan, sehingga akibatnya banyak arsip-arsip yang hilang ataupun rusak. Untuk itu perawatan dan pemeliharaan arsip sangatlah penting dan mutlak dilaksanakan untuk menjamin kelestarian informasi yang terkandung dalam arsip tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana sistem dan prosedur pengelolaan kearsipan di Kantor Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan observasi langsung ke lapangan, wawancara dengan informan yaitu pegawai dan dokumentasi pada saat penelitian dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan fenomena tertentu secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada penerapan sistem dan prosedur yang baik di kantor kecamatan Nekamese, namun beberapa tahapan prosedur pengelolaan arsip seperti prosedur permulaan penanganan surat masuk sudah dilakukan dengan cara mencatat, prosedur penyimpanan juga dilakukan masih sangat sederhana disimpan dalam dalam map, diletakan di lemari dan ditumpuk di meja kerja, tahapan pemeliharaan arsip juga sudah dilakukan dengan cara membersihkan ruangan, lembari dan meja jika berdebu. Selain itu juga masih terdapat berbagai keterbatasan seperti sumber daya manusia yang mengelola arsip juga fasilitas pendukung seperti ruangan, peralatan dan perlengkapan arsip yang minim, sehingga prosedur pengelolaan arsip belum ada.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Arsip, Prosedur Pengelolaan, Sistem</em></p> 2023-06-06T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Heni M. Sauw, Reisanty M. Djami, Maisy F. Bori