PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, KEMAMPUAN USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KEDIREN KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN)

Authors

  • Abid Muhtarom
  • Erlindiyanti Saidatul Munaffidah
  • Ruswaji
  • Nurul Badriyah
  • Zulkifli Lubis

Abstract

Abstrak

Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam ekonomi merupakan masalah penting yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan terus menerus. Karena peran UMKM sangat penting, maka dilihat dari jumlah tenaga kerja yang terserap dapat mengurangi tingkat pengangguran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 200 dan metode analisis yang digunakan adalah SEM menggunakan alat Smart-PLS versi 3.0. berdasarkan hasil penelitian bahwa karakteristik wirausaha dan modal usaha terhadap keberhasilan usaha terdapat pengaruh positif secara signifikan. Strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha berpengaruh postif dan signifikan, dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha terdapat pengaruh negatif secara signifikan. Dari uji mediasi menunjukkan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Non Mediation. Modal usaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Partial Mediation.kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Full Mediation. Strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Partial Mediation.

 

Kata kunci: karakteristik wirausaha, modal usaha, kemampuan usaha, strategi pemasaran, keberhasilan usaha dan perkembangan usaha, SEM-PLS

References

Alisaningtyas, Febbi Eva. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha UMKM Sarang Burung Walet di Desa Kediren Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Lamongan: Universitas Islam Lamongan.

Almaidah, Siti. Endarwati, Tutik. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Motivasi, Pengalaman dan Kemampuan Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada UKM Penghasil Mete di Kabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Edusaintek ISBN 2 685-585. FMIPA UMINUS 2019.

Aprilia, Sofia Dina. Inaya Sari Melati. (2021). Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Modal Usaha dan Bauran Pemasaran terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Sentra Batik Kota Pekalongan. Journal Of Economic Education and Entrepreneurship. Volume 2 (1); 1-14.

Ghozali, Imam. (2006). Partial Least Square. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hutapea, P. Nurianna T. (2008). Kompetensi Plus Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR sera Organisasi yang Dinamis. Gramedia Empat, Jakarta.

Jefferey, Sarwo. (2020). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Motivasi dan Kepemimpinan Trnsformasional terhadap Keberhasilan Usaha UKM Makanan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Volume II; 952-960.

Nurrohma, Isnaini. (2015). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sebelum dan Sesudah Menerima Pembiyaan Musyarakah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT (Studi Kasus BMT Beringharjo Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Muhtarom, A. ., Munaffidah, E. S. ., Ruswaji, Badriyah, N. ., & Lubis, Z. . (2023). PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, KEMAMPUAN USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KEDIREN KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 8(2), 131–143. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/782

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>