PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK, PROMOSI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM KABUPATEN LAMONGAN (METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)- PARTIAL LEAST SQUARE (PLS))

Authors

  • Adinda Dwi Rachmawati
  • Abid Muhtarom
  • Puguh Cahyono
  • Mohammad Yaskun

Abstract

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia terjadi kesuksesan yang signifikan. Kesuksesan ditandai dengan persaingan ketat dalam dunia pasar salah satunya sektor UMKM. Peran UMKM dalam sektor bisnis mampu membantu perekonomian Indonesia. Banyaknya variabel yang diteliti menjadi kebaruan penelitian. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, serta jumlah sampel 330 responden. Metode SEM menjadi pilihan analisis melalui alat bantu Smart PLS versi 3.0. Peneliti menggunakan beberapa alat uji, yakni outer model, inner model, mediasi serta hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa uji validitas dinyatakan valid. Hal tersebut dikarenakan jumlah outer loading > 0.7 serta jumlah AVE > 0.5. Selain itu, penelitian yang sudah dilakukan dinyatakan reliabel. Hal tersebut ditunjukkan melalui jumlah composite reliability serta cronbach’s alpha > 0.7. Sedangkan dalam uji mediasi diketahui bahwa, variabel kualitas produk (X1), inovasi produk (X2), promosi (X3), harga (X4) serta lokasi (X5) terhadap keputusan pembelian (Y) dimediasi kepuasan konsumen (Z) dapat dikatakan partial mediation. Berdasarkan analisis hasil uji hipotesis dapat disimpulkan, bahwa variabel kualitas produk (X1), inovasi produk (X2), promosi (X3), harga (X4) serta lokasi (X5) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan.  

 

Kata Kunci: Harga, Inovasi Produk, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Lokasi, PLS-SEM, Promosi

References

Anam, M. S., et al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120—136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Aryoni, et al. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manager, 2.

Asmoro, A. A., & Indrarini, R. (2021). Hubungan Inovasi Produk Makanan Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 55—64. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Atmojo, R. P. C., & Herdinata, C. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan CV. Andindo Duta Perkasa. PERFORMA, 5(5).

Biantoro, R. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Martabak Bapr. PERFORMA, 6(1).

Cardia, D. I. N. R. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19

Fadhli, K., et al. (2021). Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Afco Group Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 855—863. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.735

Fatmaningrum, S. R. D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1).

Gunarsih, C. M. D. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1).

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian (Cetakan Pe). PT Inkubator Penulis Indonesia.

Hamidah, L. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Keberagaman Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Madubronto Kabupaten Sidoarjo. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1). https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.554

Hidayatullah, M. F., et al. (2020). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus di Auto 2000 Veteran Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM. 1(2).

Krisdianti, D. L., & Sunarti, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 70(1), 36—44.

Maharani, R. A. N., & Alam, I. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal, 1(4). https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.22

Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di pasar. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 1—10.

Marfuah, S. T., &, & Hartiyah, S. (2019). Pengaruh Modal Sendiri, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Teknologi, Lama Usaha, dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Usaha. Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 183—195.

Martini, A. N., et al. (2021). Pengaruh Kualitas Produk TerhadaSp Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal AKTIVA, 2(3), 132-142.

Mawarni, Z., et al. (2021). Pengaruh Analisis Lingkungan Terhadap Perkembangan Usaha (Studi UKM Bendang Barokah). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3203—3209. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1373

Muhtarom, A., et al. (2022). Analisis Persepsi Harga , Lokasi , Fasilitas , dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Umkm Skck ( Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah ) Metode Structural Equation Modelling ( SEM ) - Partia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10, 391—402. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1

Nazarudin, A. D. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Jurnal Manajemen, 5(1), 17—25. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1705389

Ningtiyas, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 46—53. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.551

Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 3(10). https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114

Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181—1187. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38—51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sulistyani, L., & Umi, Y. A. (2021). Pengaruh Persepsi, Perilaku, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bakpia Tugu Jogja Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Marketing And Commerce, 6(1).

Syarif, S. H. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Steak Jalan T. Amir Hamzah Medan. Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. 17(1).

Tandia, A. T., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Karimun Wagon R AGS (Studi di Dealer United Motor Centre Jalan Ahmad Yani Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3), 241—247

Tombeng, B., et al. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 891—900.

Widodo, A. S., & Wardani, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 62. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4496

Worek, S. E. G., & Sepang, J. L. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian PT. Pegadaian (Persero) Karombasan. Jurnal EMBA, 9(2).

Zainullah, V. C. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Koplakan. PERFORMA, 4(4).

Downloads

Published

06-06-2023

How to Cite

Rachmawati, A. D. ., Muhtarom, A. ., Cahyono, P. ., & Yaskun, M. . (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK, PROMOSI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM KABUPATEN LAMONGAN (METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)- PARTIAL LEAST SQUARE (PLS)). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 8(1), 33–49. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/721

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)