ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR, DIVERSIFIKASI PRODUK, REVITALISASI PASAR DAN KEMAMPUAN KERJA TTERHADAP KUALITAS PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL LEMBUNG LOR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh manajemen pengelolaan pasar, diversifikasi produk, revitalisasi pasar, kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan guna meningkatkan pendapatan pedagang Pasar Tradisional Lembung Lor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis SEM melalui aplikasi Smart-PLS versi 3.0. Uji dilakukan dengan model pengukuran (Outer Model), model struktural (Inner Model), uji mediasi dan uji hipotesis. Sampel penelitian sebanyak 262 responden. Berdasarkan hasil yang diperoleh secara parsial bahwa terjadi hubungan antara manajemen pengelolaan pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan, diversifikasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan, revitalisasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan, dan kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan. Hasil uji mediasi menunjukkan secara parsial menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan pasar, diversifikasi produk, revitalisasi pasar, kemampuan kerja, terhadap peningkatan pendapatan, yang dimediasi dengan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan. atau dapat dikatakan partial mediation.
Kata kunci: Manajemen Pengelolaan Pasar, Diversifikasi Produk, Revitalisasi Pasar, Kemampuan Kerja, Kualitas Pelayanan, dan Peningkatan Pendapatan
References
Ade Siska Mentari, E., Rafidah, R., & Khairiyani, K. (2020). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN KHODIJAH HIJAB DI KOTA JAMBI. (Doctoral dissertation, UIN Suthan Thaha Saifuddin Jambi).
Agustina, I.A, & Wijaya, I.B.A. (2020). REVITALISASI KUNINGAN MOJOKERTO: DIVERSIFIKASI PRODUK MELALUI TRANSFORMASI LOKALITAS MENUJU MODERNITAS. JADECS (Jurnal Seni Rupa, Desain, Pendidikan Seni & Kajian Budaya). 5 (1), 23-29.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND. 8 (1), 179-188.
Andini, A. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Produk Merek Lois Jeans di Streat Shop Lois) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Ardiansyah, F., Mursito, B., & Maryam, S. (2019). Analisis Kualitas Produk, Diversifikasi Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Di Pasar Gedhe Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).
Azizah, L.N. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil (Studi Kasus Pasar Kiringan Desa Kemlagilor Turi Lamongan). JPIM: Jurnal Pendidikan Ilmu Manajemen. IV (2). 823-831.
Cahyaningsih, N., & Ekowati, D. (2020). Dampak Revitalisasi Pasar Prambanan Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 16 (01), 1411-3880.
Chaerani, D., Talytha, M.N., & Perdana, T. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 9 (4) 275 – 28.
Darma, DA (2019). PENGARUH PASAR TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI PULAU SAMOSIR DANAU TOBA. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan). 4 (2), 51-60.
Darmawan1, K.G., Yulianthini, N.N, & Mahardika, A.A.N.Y.M. (2020), “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen”.
Dian, P., Nadhar, M., & K, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Minat Beli Pada Pasar Tradisional Cakke Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. YUME: Journal of Management. 3 (3), 65-83.
Efendy, S. A., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kabupaten Buleleng. Bisma: Jurnal Manajemen. 7(2), 208-216.
Fauzani, E. (2021). Strategi Pemasaran dan Diversifikasi Produk Terhadap Volume Penjualan Buah Nanas (Studi Kasus pada Petani UMKM di Desa Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi). Citra Ekonomi, 2 (1), 100-111.
Fitroh, R. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Konstruk Resiliensi Ego Menggunakan SEM. Psyche 165 Journal, 13(2), 205-210.
Jomi, M., Widodo, S., & Hariani, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur Tahun 2020. Economie, 2(1), 1-16.
Lesmana, M., Fratama, A. Z., Rosmitha, S. N., & Suminto, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Pasar Induk Tradisional Giwangan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Inovator. 11(1), 80-88.
Lestari, Dewi. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko dan Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Giant Supermarket Pekanbaru. JOM FISIP. 5 (1). 1-11.
Manik, W.C.O, Kurniawan, B., & Wahyuni, I. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN PENGELOLA TERHADAP KESIAPSIAGAAN PEDAGANG DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN DI PASAR SEMAWIS KOTA SEMARANG. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip). 8 (4), 484-489.
Marliana, R.R (2020). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16 (2), 174-186.
Marlindasari, L., Aritonang, M. G. S., & Herdiana, T. (2020). HUBUNGAN PENGELOLAAN OBAT INSTALASI FARMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA RSUD XYZ. Borneo Journal of Pharmascientech, 4(1), 71-79.
Meirawati, E., Dwirini, D., & Rostartina, E. (2021). PENGARUH PEMBANGUNAN PLAZA ALDIRON TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PEDAGANG TRADISIONAL DI EKS PASAR CINDE KOTA PALEMBANG. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 24-34.
Nurmaya, E.P., & Napitupulu, H. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI KANTOR CABANG JAKARTA VETERAN. Jurnal Ekonomi dan Industri, 22 (3).
Parta, I. W. G. I., & Mahayasa, I. G. A. (2021). Pengaruh Keterampilan Kerja, Team Work, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada Art Shop Cahaya Silver di Celuk, Gianyar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(1), 65-76.
Ricky, W., Goh, T. S., & Julitawaty, W. (2019). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Penjualan Pt. Amorindo Mitra Sentosa Medan. Jurnal Bisnis Kolega, 5(1).
Setyowati, D. (2021). Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang Sesudah Program Revitalisasi Pasar Rakyat Simongan di Kota Semarang. Indicators: Journal of Economic and Business. 2(1), 17-29.
Sitio, Vera Sylvia Saragi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Pt Bank Panin Dubai Syariah, Tbk Jabodetabek Selama Masa Pandemik Covid-19. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS. 11 (2), 125-135.
Wahyudi, R. (2019). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(1), 37-52.
Yuliyani, N., & Khoirudin, R. (2021). Analisis Efektifitas Investasi Revitalisasi Pasar Prambanan di Sleman Yogyakarta. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(2), 144-156.
Yunita, T., & Rahmawati, R. (2020). PENGARUH REFORMASI PELAYANAN PUBLIK E-GOVERNMENT TERHADAP REVITALISASI PENYELENGGARAAN BIROKRASIDI KANTOR IMIGRASI KOTA BOGOR. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 25-35.
Zeni, A., Barusman, A. R., & Defrizal, D. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Pengurus Bumkam Dan Penyertaan Modal Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Kampung. VISIONIST, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alifia Dwi Purwati, Aidha Risma Sa’dana, Rizka Novianti Fauziah, Aulia Dwi Nur Fitriani, Abid Muhtarom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.