PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, LOKASI DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS PADA J&T EXPRESS CABANG SUGIO (ANALISIS METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM))

Authors

  • Muhammad Khozinatul Asror
  • Abid Muhtarom
  • Danu Kusbandono

Keywords:

Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Kualitas pelayanan, Loyalitas Pelanggan, SEM PLS

Abstract

Perkembangan bisnis dengan media online shop atau e-commerce saat ini menjadi kebiasaan baru di kalangan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli, tentu dalam kondisi ini diperlukan jasa pengiriman yang membantu kegiatan pengantaran barang ke konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 responden. Penelitian ini menggunakan analisis SEM dan dibantu dengan aplikasi Smart PLS versi 3.0. Alat uji yang digunakan yakni outer model, inner model, uji mediasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian dari variabel kualitas pelayanan (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan ketepatan waktu pengiriman (X4) terhadap loyalitas pelanggan (Y) dimediasi kepuasan pelanggan (Z) yakni nilai dari uji validitas nilai outer loading >0.7 dan jumlah AVEs >0.5 maka dinyatakan valid, uji reabilitas composited reability dan corbanch’s alpha >0.7 maka dinyatakan realible. Dari uji hipotesis variabel kualitas pelayanan (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan ketepatan waktu pengiriman (X4) berpengaruh positif secara signifikan. Pada uji mediasi variabel kualitas pelayanan (X1) dan ketepatan waktu pengiriman (X4) dinyatakan partial mediation sedangkan harga (X3) dan lokasi (X4) dinyatakan non mediation.

 

Kata Kunci:    Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Kualitas pelayanan, Loyalitas Pelanggan, dan SEM PLS.

References

Adi, O. D. (2021). Pengaruh Fasilitas Sistem Pelacakan Online, Ketepatan Waktu Pengiriman, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 10. No. 1, 450-455.

Alawiyah, t. (2019). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Kasus di Toko Lady Ponorogo) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Alfian, F. Pratama, D (2021). Analisis Kepuasans Konsumen Terhadap Aplikasi J&T Express Sebagai Penyedia Jasa dengan Menggunakan Metode Partial Least Square. JTSI, Vol. 2, No. 2, 150-161.

Anggraini, R. A. & Arifin, M. (2021). Pengaruh Biaya Kirim dan Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Anugerah Jelajah Indonesia Logistik di Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis dan Publik, 1, 52-60.

Arilisura, A. & Games, D. (2022) Analisis Pengaruh Learning Behavior From Failures Terhadap Subjective Wellbeings Dimediasi Oleh Organizational Crisis Preparedness Pada Ukm Di Sumatera Barat. Menara Ilmu Vol. XIV No.02. 10-19

Artati & Ernawati, S. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Kota Bima sJuni 2022 Vol. 9 No. 1 54-60

Darmawan, R. D. (2018) Analisa Pemgaruh work family Conflict & Jobstress Terhadap Job Performance Perawat Di Rumah Sakit ‘X’. 6(2)

Farhaeni, M. Widiastuti, N.P. & Alfalani (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, DanePromosi. Terhadap Kepuasant Pelanggane aPada aJasa PengirimannaBarang aDi Jasa Pengiriman Baranggpt. Titipan Illahi Trans ProsidingsSeminardNasional Hasil Penelitian-Denpasar, 20- 37.

Hardisman. (2021) Analisis Partial Last Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Bintang Pustaka Madani, Yogyakarta

Hariono, R. Marlina, M. A. E (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan dKepuasan PelangganssebagaiVariabel Mediator Pada Star Motor Carwash. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 6, Nomor 1, 1-10.

Hasna, R. T., Purwanto, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 4, 1-14

Herrin, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 8, Nomor 8, 1-16.

Izzah, Z. N. (2021) Analisis Citra Perusahaan, Harga, Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Rocket Chiken Cabang Made. Universitas Islam Lamongan.

Juniariska, S., Rachma, N. & Primanto, A. B. (2020) pengaruh kualitas pelayanan ketepatan waktu dan tarif pengiriman terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos indonesia studi kasus cabang gempol. e-jurnal Riset Manajemen 143-156

Malau, H. (2017). Manajemen pemasaran (teoori dan aplikasi pemasran era tradisional sampai modernisasi global. Alfabeta. Bandung

Martono, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi Dan Data Skunder. Pt. Rajragrafindo Persada.

Mawarni, O. D. (2022). Pengaruh Fasilitas Sistem Pelacakan Online, Ketepatan Waktu Pengiriman, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Pada J&T Express Cabang Kota Karanganyar). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 10. No. 1, 450 - 455.

Muhtarom, A., Damayanti, D. D. & Salsabila, S. A. (2022) Analisis modal usaha, dkarakteristik entrepreneur, pemanfaatan teknologi, dans strategid pemasaran terhadap perkembangant umkm dimediasi kepuasant konsumen. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama Volume 8 No 1, 128-141.

Novandi, D. H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Miss Laundry Di Kota Tegal. Universitas Pancasakti Tegal.

Nugroho, D. A. (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tono Motor Di Kota Semarang. Universitas Semarang.

Prasmawati, E (2020) Studi tentang pelanggan dengan positive word off mouth pada pengguna yamah di semarang, Universitas diponegoro Semarang.

Pratama, I. G. A, Susanti P.H, & Purwaningrat, P.A (2021). Pengaruh KualitassPelayanan, Harga, Dan LokasiTerhadapsLoyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, Vol. 1 No. 4.1388-1397.

Putra, I. K. A. M., Wimba I. G. A & Susanti P. H. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata. Vol. 1 No. 4. 1279-1291.

Ramadhan, A. G. (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Aplikasi Mobile Dan Harga Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesi Sehat (JKN KIS) Study Kasus Pada Peserta JKN KIS Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bandung. Universitas Komputer Indonesia

Riyanto. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Cluster Iskandar Muda (Studi Kasus Pt. Surya Metal Berjaya). Universitas Buddhi Dharma Tangerang.

Rohana, T. (2020) Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen Volume 8, 28-30. BIBLIOGRAPHY l 1033

Sartika et al., (2022) Pengaruh Harga, Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang Di Jne (Studi Kasus Pada Pt. Jne Katamso Medan) Jurnal Ilmiah Kohesi Vol.

Sulaiman & Surni. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Di Swalayan Sena Rebung Blangkejeren. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 4, No. 2, 184 - 198. BIBLIOGRAPHY l 1033.

Sugiyono. 2019. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Alfabeta Yogyakarta.

Surni. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Di Swalayan Sena Rebung Blangkejeren. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 4, No. 2, 1-10.

Susanto, L., Yanti, Y., Viriany, V., & Wirianata, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uskad. Jurnal Bina Akuntansi, 7(2), 124–141.

Tania & Raymond (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Ekspedisi Lion Parcel Di Batam. Universitas Putera Batam.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., Khair Hazaman (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 5, (1), 67-86.

Top Brand Award (2022) Top Brand Index Jasa Kurir (HYPERLINK "https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/"https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/) diakses pada 3 Desember 2022

Triandewo, M. A. & Yasmine (2020) Pengaruh Kualitass lLayanan, cCitra Perusahaan dDan Kepercayaan Pada Loyalitas aKonsumen. JurnalsBisnis Dan Akuntansi Vol. 22, No. 1,13-24.

Tulim, A., Erma, Z., & Sukma, M. E. (2020) PengaruhHarga, ProdukdDan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melauli Undang - Undang Perlindungans Konsumen Pada CV. Triple Delapant Grup. Jurnalsliterasi sains Vol 1. No 1. 1-17

Wahana, V., Siregar, R. T., Harapan, K., & Putri, D. E. (2019) pengaruh presepsi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening pada toko kain toray pematangsiantar. jurnal manajemen, 99-109.

Wardani, N. D. (2022) Analisis persepsi harga, kualitas pelayanan, customer relationship marketing, dan kepercayaan terhadap peningkatan penjualana dimediasi sloyalitas pelanggan pada umkm ayam potong online selmonsu (metode structural equation modeling (sem) - partial least squarec (pls)) Universitas Islam Lamongan

Wulandari, N. A. (2020) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hargap Dan Lokasix Terhadap dKepuasan Pelanggan (Studid Pada Nom Nom Fresh Madiun). Universitas Semaran.

Yasa, I. P. A. Suciptawati, N. L. P & Susilawati, M (2017) Implementasi Analisis Faktor Dalam Menganalisis Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan (Studi Kasus: Lpd Sidakarya) E-Jurnal Matematika Vol. 6 (2), 152-160.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Asror, M. K. ., Muhtarom, A. ., & Kusbandono, D. . (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, LOKASI DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS PADA J&T EXPRESS CABANG SUGIO (ANALISIS METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 9(2), 130–143. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/901

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>