CITY IMAGE KOTA KEDIRI SETELAH ADANYA BRAND “HARMONI KEDIRI THE SERVICE CITY”

  • Basthoumi Muslih
  • Restin Meilina
  • Rino Sardanto

Abstract

Otonomi daerah memberikan kewenangan bagi setiap daerah termasuk kota untuk mengelola dan mengembangkan potensi wilayahnya masing-masing. Sebagai wujud atas kewenangan tersebut, kota Kediri memetakan rencana-rencana pengembangan wilayahnya. Pelaksanaan rencana-rencana tersebut memerlukan bantuan dari pendatang, wisatawan, dan investor. Untuk menarik mereka, sejak pertengahan tahun 2016 kota Kediri melakukan rebranding dan meluncurkan brand baru “Harmoni Kediri The Service City”. Brand tersebut melambangkan komitmen kota Kediri untuk menjadi kota pelayanan yang unggul. Keberhasilan mencapai tujuan brand tersebut hanya terwujud jika ada city image yang positif atas kota Kediri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana city image kota Kediri setelah adanya brand “Harmoni Kediri The Service City”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Data diambil dengan teknik wawancara pada empat informan yang melakukan pengurusan pindah datang di kantor Dispendukcapil kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua informan menyatakan city image yang positif atas kota Kediri baik dari aspek kognitif, afektif, evaluatif, dan behavioural.   Kata Kunci : City Brand, Harmoni Kediri The Service City, City Image.
Published
20-07-2019
Section
Articles