ANALISIS SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING PADA BATIK TULIS NINGRAT PRASOJO

Authors

  • Sri Aliami
  • Basthoumi Muslih
  • Zulistiani
  • Rino Sardanto

Abstract

Batik Tulis Ningrat Prasojo menyadari bahwa untuk dapat eksis dalam persaingan maka perusahaan harus memiliki strategi-strategi yang tepat sehingga perusahaan mampu untuk dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) di Batik Tulis Ningrat Prasojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan informasi mendetail mengenai strategi segmenting, targeting, dan positioning yang dilakukan oleh Batik Tulis Ningrat Prasojo di Kota Kediri yang merujuk pada strategi pemasaran dari teori Hermawan Kartajaya. Hasilnya penelitian ini menunjukkan segmentasi Batik Ningrat Prasojo adalah untuk semua kalangan, walaupun sering dipesan kalangan menengah ke atas atau kaum sosialita secara custom. Target produk Batik Ningrat Prasojo adalah perusahaan-perusahaan besar. Positioning Batik Ningrat Prasojo yaitu memiliki profil bagus, sehingga menjadi alasan membeli bagi pelanggan. Ningrat Prasojo menanamkan citra merek setiap tahunnya. Keunikan produknya berada pada motifnya yang berbeda dari batik lain.

 

Kata kunci: Segmenting, Targeting, Positioning

Downloads

Published

25-06-2022

How to Cite

Aliami, S. ., Muslih, B. ., Zulistiani, & Sardanto, R. . (2022). ANALISIS SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING PADA BATIK TULIS NINGRAT PRASOJO. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(1), 67–78. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/596

Issue

Section

Articles