PENGARUH NEUROMARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUASAN PEMBELIAN MIE GACOAN DI RUNGKUT DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Studi konsumen produk Mie gacoan di rungkut kota Surabaya

Authors

  • Bayu Agus Permadi STIE MAHARDIKA SURABAYA
  • Achmad Bayhaqi STIE MAHARDIKA SURABAYA
  • Andita Silviani STIE MAHARDIKA SURABAYA
  • Nindya Kartika Kusmayati STIE MAHARDIKA SURABAYA
  • Dhiyan Septa Wihara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kesadaran merek, Kualitas produk, Neuromarketing

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji bagaimana pemasaran berbasis neuromarketing dan kualitas produk mempengaruhi kesadaran merek Mie Gacoan di Rungkut, Kota Surabaya.Studi ini juga meneliti bagaimana kesadaran merek dan neuromarketing mempengaruhi pembelian di toko Mie Gacoan.Peneliti menggunakan tiga kategori variabel.Untuk menentukan validitas, program SPSS 25 digunakan.Sebuah instrumen pengukuran dianggap valid jika koefisien korelasinya (r) di atas 0,30.Sebuah variabel dihilangkan jika nilainya di bawah standar.Nilai Cronbach alpha, yang harus lebih dari 0,6, mengukur keandalan.Penelitian menunjukkan bahwa neuromarketing tidak meningkatkan kesadaran merek.Neuromarketing telah meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.Selain itu, pengenalan merek berdampak positif pada keputusan tersebut.Selain itu, kualitas produk meningkatkan kesadaran merek dan mempengaruhi pembelian.Neuromarketing, kualitas produk, dan keputusan pembelian dipengaruhi secara tidak langsung oleh kesadaran merek

Kata kunci: Neuromarketing, Kualitas produk, Kesadaran merek.

 

Abstract

This research examines how neuromarketing-based marketing and product quality affect Mie Gacoan brand awareness in Rungkut, Surabaya City. This study also examines how brand awareness and neuromarketing affect Mie Gacoan store purchases. Researcher used three categories of variables. To determine validity, the SPSS 25 program was used. A measuring instrument is considered valid if the correlation coefficient (r) is above 0.30. A variable is eliminated if its value is below the standard. The Cronbach alpha value, which must be over 0.6, measures reliability. The research shows that neuromarketing does not increase brand awareness. Neuromarketing has improved customer purchase decisions. Additionally, brand recognition positively impacts those decisions. Additionally, product quality boosts brand awareness and influences purchases. Neuromarketing, product quality, and purchase decisions are indirectly influenced by brand recognition.

Keywords : Neuromarketing, Product quality, Brand awareness.

References

Aliyah, K. N. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Implementasi Teknologi Neuromarketing Pada Strategi Pemasaran. In J E S: Vol. Volume 5 (Issue Nomor 2, pp. 69–86) [Journal-article].

Anggraini, A. B., & Saino, S. (2021). Pengaruh Harga, Physical Evidence, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1591–1599. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1591-1599

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1). https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278

Astri, A. K., Masyuhur, A. K., & Yuliana, L. (2024). Analisis Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Somethinc. Indo-Fintech Intellectuals Journal of Economics and Business, 4(5), 1710–1722. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i5.1983

Cahyani, P. D. ., Utami, N. ., & Lestari, S. B. . (2022). Pengaruh Word Of Mouth, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851-866. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.114

Farisi, H., 1, Rahmawati, D., & Fakultas Sosial Ekonomi & Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. (n.d.). Pengaruh Media Sosial dan Persepsi Harga terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi. In Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani (Vol. 7, Issue 1, pp. 80–98). https://journal.paramadina.ac.id/

Hardayu, A. P. (2023). Pengaruh Iklan Neuromarketing Terhadap Perilaku Compulsive Buying Di Kalangan Remaja Putri Pada Produk Skin Care Camille Beauty. In JES [Jurnal Ekonomi STIEP]: Vol. Vol.8 (Issue No. 2) [Journal-article].

Kholipah, P. D., Ali, H., & Untari, D. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Dengan Loyalitas Konsumen Sebagai Intervening (Studi Pada Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(11), 3392–3411. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.979

Martianto, I. A., Iriani, S. S., Witjaksono, A. D., & Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. In JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) (Vol. 7, Issue 3, pp. 1370–1372).

Morin, C. (2011). Neuromarketing: The New Science of Consumer Behavior. Society, 48(2), 131–135. https://doi.org/10.1007/s12115-010-9408-1

Prasad, K., & Dev, C. (2023). A study on brand awareness and consumer preferences. International Journal for Multidisciplinary Research, 5(3). https://www.ijfmr.com/papers/2023/3/3571.pdf

Rahmawati, E., & Saputro, A. H. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan online customer review terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen lip cream Viva Cosmetics di Shopee Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 215–222. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1828

Tonda, F., Ali, H., & Khan, M. A. (2024). Pengaruh Promosi dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMPD, 2(3), 181–183. https://siberpublisher.org/JMPD

Wikipedia contributors. (2024, April 20). COBRA (consumer theory). Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/COBRA_(consumer_theory).

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Permadi, B. A. ., Bayhaqi, A. ., Silviani, A., Kusmayati, N. K. ., & Wihara, D. S. . (2025). PENGARUH NEUROMARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUASAN PEMBELIAN MIE GACOAN DI RUNGKUT DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: Studi konsumen produk Mie gacoan di rungkut kota Surabaya. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 10(1), 39–49. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/948

Issue

Section

Articles