KONSOLIDASI DATA AKUNTANSI DAN PEMASARAN DIGITAL STRATEGI SERTA TANTANGAN DALAM MENGOPTIMALKAN ANALISIS KINERJA PEMASARAN PADA PERUSAHAAN RITEL DI SURAKARTA

Authors

  • Nurita Elfani Prasetyaningrum
  • Ramadhian Agus Triono Sudalyo Universitas Surakarta

Keywords:

Analisis Kinerja Pemasaran, Integrasi Sistem, Konsolidasi Data, Pemasaran Digital, Perusahaan Ritel Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan ritel di Surakarta dalam mengonsolidasikan data akuntansi dan pemasaran digital untuk mengoptimalkan analisis kinerja pemasaran. Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, perusahaan ritel dituntut untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber untuk memperoleh wawasan yang lebih baik tentang kinerja pemasaran. Namun, proses konsolidasi data ini sering kali menghadapi tantangan seperti kesulitan integrasi sistem, kualitas data yang buruk, kurangnya keahlian dalam analisis data, dan biaya implementasi yang tinggi. Penelitian kualitatif ini melibatkan 35 perusahaan ritel di tujuh kabupaten dan kota di Eks Karesidenan Surakarta, dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan strategi utama yang diadopsi perusahaan, seperti investasi dalam teknologi integrasi data, pelatihan karyawan, standarisasi proses data, dan kolaborasi antar departemen. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi meliputi masalah kompatibilitas sistem, kualitas data yang buruk, kurangnya keahlian analisis data, dan biaya implementasi yang tinggi. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya konsolidasi data akuntansi dan pemasaran digital dalam mengoptimalkan analisis kinerja pemasaran, serta strategi dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan ritel di Surakarta dalam proses ini.

References

Ambler, T., & Roberts, J. H. (2008). Assessing Marketing Performance: Don't Settle for Half Measures. Journal of Marketing Management. 24(7-8), 845-858.

Chaffey, D., & Patron, M. (2012). From Web Analytics to Digital Marketing Analytics. Journal of Marketing Management. 28(7-8), 949-964.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson.

Cheng, H., Nguyen, H. N., & Truong, H. A. (2021). Accounting Data Analytics for Marketing Strategy and Tactical Decisions. Journal of Marketing Analytics. 9(1), 3-16.

Doe, J., & Smith, J. (2022). Integration of Accounting and Marketing Data for Enhanced Performance Analysis. Journal of Business Analytics. 14(3), 215-230.

Forrester Research. (2022). The State of Marketing Data and Analytics in 2022. https://www.forrester.com/blogs/use-marketing-analytics-to-support-your-2023-marketing-strategy/

Gartner. (2023). Marketing Data and Analytics Survey 2023. Diperoleh dari https://www.gartner.com/en/marketing/insights/data-analytics

Inmon, W. H., & Linstedt, D. (2015). Data Architecture: A Primer for the Data Scientist. Elsevier.

Järvinen, J., & Karjaluoto, H. (2015). Digital Marketing Analytics: Opportunities and Challenges in the Emerging Big Data Environment. In S. Agunbiade (Ed.), Marketing Analytics: Opportunities and Challenges in the Emerging Big Data Environment (pp. 1-22). Vaasa, Finland: University of Vaasa.

Johnson, A., & Lee, M. (2021). Digital Marketing Performance: The Role of Integrated Accounting Data. International Journal of Digital Marketing. 9(2), 145-160.

McKinsey & Company. (2021). The State of Marketing Performance Measurement: A Global Survey of Marketing Leaders.

https://www.mckinsey.com/capabilities/growth-marketing-and-sales/our-insights/measuring-marketing-mckinsey-global-survey-results

Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business: What You Need to Know about Data Mining and Data-Analytic Thinking. O'Reilly Media.

Ratnatunga, J., Tse, M. S., & Wahyuni, D. (2018). The integration of accounting and marketing: Implications for managerial decision making. Journal of Strategic Marketing. 26(4), 329-355.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2018). Accounting Information Systems. Pearson.

Steenburgh, T., Ainslie, A., & Glushko, R. (2014). Integrating Marketing and Accounting Data for Better Decision Making. Harvard Business Review, 92(11), 36-41.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Prasetyaningrum, N. E., & Sudalyo, R. A. T. (2025). KONSOLIDASI DATA AKUNTANSI DAN PEMASARAN DIGITAL STRATEGI SERTA TANTANGAN DALAM MENGOPTIMALKAN ANALISIS KINERJA PEMASARAN PADA PERUSAHAAN RITEL DI SURAKARTA. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 10(1), 26–38. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/932

Issue

Section

Articles