DAMPAK KEBERADAAN INDOMARET TERHADAP PEREKONOMIAN TOKO KELONTONG
Keywords:
Minimarket Indomaret, Pedagang kelontong, PendapatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak kehadiran Indomaret terhadap pendapatan para pedagang kelontong di Desa Bangun Karya. Menggunakan metode kualitatif dengan desain naratif, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan pedagang kelontong mengalami penurunan yang signifikan sejak berdirinya minimarket Indomaret, terutama bagi mereka yang berlokasi dalam radius 100 meter dari minimarket tersebut. Temuan ini menyoroti tantangan persaingan yang dihadapi pedagang kecil dan menekankan pentingnya inovasi serta strategi adaptif untuk mempertahankan minat pelanggan dan kelangsungan usaha di tengah ekspansi ritel modern
References
Ariani, D., & Sihombing, T. (2023). Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sei Sikambing Kota Medan. Jurnal Niara, 16(2), 363–378.
Baba, F. R., Moonti, U., Panigoro, M., Bumulo, F., & Bahsoan, A. (2023). Pengaruh Dampak Hadirnya Minimarket terhadap Pendapatan Usaha Pedagang Tradisional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9592–9599.
Cahyani, D., Nuraeni, E., Agustina, R., Ashriana, A. N., Kridaningsih, A., Rizkawati, N., Rachmawati, E., Abdillah, A., Setiawan, E., & Waluyo, S. E. Y. (2025). Manajemen Ritel: Strategi dan Transformasi. Grafindo Publisher.
Daulay, H. P., & Daulay, N. (2022). Pembentukan Akhlak Mulia: Tinjauan Pendidikan Agama Islam Dan Psikologi Positif.
Fadilla, D., Wahida, A., & Hapid, H. (2023). Pengaruh Keberadaan Alfamart Dan Indomaret Terhadap Eksistensi Warung Kecil Di Kota Palopo. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2718–2728.
Fitrialis, R., Rahmadani, T., Vania, N. R., Nabila, N. P., Fitriana, N., & Elsani, D. (2024). Dampak Negatif Media Sosial Terhadap Remaja. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 3(2), 30–34.
Hasan, M., & Mud’is, H. (2022). Pengaruh Pikiran Positif Terhadap Kesehatan Mental: Suatu Analisis Konseptual. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 3(1), 40–55.
Irawanti, G. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Toko Dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Kelontong “Anda.” Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 89–101.
Iswah, I., & Millatipuan, M. A. (2025). Konsekuensi terhadap Perekonomian Indonesia Akibat Invasi Rusia ke Ukraina. JURNAL RISET AKUNTANSI TIRTAYASA, 9(1), 76–90.
Khaeruman, K., Suflani, S., Mukhlis, A., & Romli, O. (2023). Analisis Efektivitas Strategi Penilaian Kinerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan di Indomaret Kota Serang. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 352–363.
Komalasari, P. S. (2023). Transformasi dunia pasar tradisional menjadi dunia bisnis online di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 367–375.
Laia, G., Marbinoto, M. S., & Purba, B. M. (2022). KAJIAN PERATURAN PENATAAN RUANG TERHADAP BERKEMBANGNYA MINIMARKET DAN DAMPAKNYA TERHADAP TOKO TRADISIONAL ECERAN (STUDI KASUS KECAMATAN MEDAN DENAI). Jurnal Sains Dan Teknologi ISTP, 16(2), 180–189.
Muzakki, Z. (2023). Integrasi ilmu ekonomi Islam dan pendidikan agama Islam era society 5.0. Islamic Banking & Economic Law Studies (I-BEST), 2(1), 51–74.
Novriady, M. R., & Nasrudin, N. (2021). Dampak Berkembangnya Waralaba Minimarket (Indomaret Dan Alfamart) Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Atau Toko Kelontong Di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 4(2), 453–462.
Palilu, A. (2022). Analisis Dampak Hilirisasi Minimarket Alfamart Dan Indomaret Bagi Perekonomian Masyarakat Dan Pasar Tradisional Di Kota Sorong. Jurnal Jendela Ilmu, 3(2), 46–51.
Permana, A. A., & Wijana, M. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web di Toko Kelontong Haji Agus. INTERNAL (Information System Journal), 6(1), 46–54.
Pulungan, R. Y. (2024). Analisis kelayakan usaha pada pedagang kecil (warung) dengan keberadaan minimarket di Rantauprapat. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Putra, B. P. P., Judijanto, L., Apriyanto, A., Susilo, A., Kusumastuti, S. Y., Jamaludin, J., Arifiyanti, A. A., & Sari, F. H. (2025). Tren Bisnis Digital:: Transformasi Dunia Bisnis Terkini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putri, Y. M., Agatha, R., & Amelia, R. N. (2023). Strategi bertahannya warung kelontong dalam gempuran market modern. J. Sos. Hum. Dan Pendidik, 2(2), 164–170.
Rahman, A., Hasibuan, A. F. H., Faried, A. I., Purba, B., Sudarmanto, E., Marit, E. L., Purba, E., Nainggolan, L. E., Mardia, M., & Kareth, M. A. C. (2021). Pengantar Ilmu Ekonomi.
Rahmawati, R., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Indomaret Co Cabang Nangka. EMAS, 2(3).
Sholikhah, V. (2021). Manajemen strategi ekonomi agribisnis dalam konteks ilmu ekonomi mikro. LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 113–129.
Sulisdiani, I. (2025). Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya Dalam Penataan Pasar Tradisional Di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 266–273.
Tarumingkeng, R. C. (n.d.). Fundamental Ekonomi Mikro: Prinsip, Teori dan Studi Kasus.
Triono, A., & Tisnanta, H. S. (2022). Pasar Rakyat Vs. Pasar Modern Ketimpangan Pengaturan Produk Hukum Daerah. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 2(1), 12–36.
Wahab, A., & Mahdiya, I. (2023). Peran lembaga keuangan syariah terhadap pertumbuhan UMKM dalam revitalisasi ekonomi pembangunan di Indonesia. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 24(1), 109–124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukma Wijaya, M. Arif Musthofa , Hasna Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.