STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI YAYASAN PENDIDIKAN (STUDI PADA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM USWATUN HASANAH KABUPATEN BANDUNG BARAT)

Authors

  • Suhendi
  • R Helmi Suryanegara

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Yayasan Pendidikan Islam Uswatun Hasanah Kabupaten Bandung Barat untuk mengetahui hubungan strategi komunikasi massa memiliki dampak pada pembangunan citra yayasan dan merubah cara pandang masyarakat terhadap Yayasan Pendidikan Islam Uswatun Hasanah Kabupaten Bandung barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang digunakan untuk mempelajari objek yang alamiah dimana peneliti merupakan instrument kunci, pengumpulan informasi secara gabungan, analisis data secara induktif. YPI Uswatun Hasanah Kabupaten Bandung Barat melakukan dua manajemen komunikasi, yaknik manajemen komunikasi secara internal dan manajemen komunikasi secara eksternal. Manajemen komunikasi internal YPI Uswatun Hasanah Kabupaten Bandung Barat berdampak penting dalam menciptakan organisasi yang solid, dengan menggunakan komunikasi personal dan komunikasi kelompok. Manajemen komunikasi juga dilakukan untuk memecahkan konflik atau persoalan di organisasi. Manajemen komunikasi eksternal yang dilakukan YPI Uswatun Hasanah Kabupaten Bandung Barat untuk menjaga hubungan organisasi dengan pihak ekstern, dengan tujuan untuk membangun citra YPI Uswatun Hasanah Kabupaten Bandung Barat. Hubungan dengan pemerintah, hubungan dengan perbankan, hubungan dengan pers, hubungan dengan konsumen, hubungan dengan masyarakat sekitar, dan hubungan dengan organisasi lain.

 

Kata kunci: Strategi, Manajemen, Komunikasi

Downloads

Published

25-06-2022

How to Cite

Suhendi, & Suryanegara, R. H. . (2022). STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI YAYASAN PENDIDIKAN (STUDI PADA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM USWATUN HASANAH KABUPATEN BANDUNG BARAT). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(1), 98–106. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/599

Issue

Section

Articles