ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMBATALAN PEMBERANGKATAN IBADAH HAJI PADA MASA PENDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDUNG)

Authors

  • Suhendi
  • Ayi Setiawan
  • Aldi Surizkika

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji sudah menjadi tanggung jawab pemerintah yang dalam hal ini dikomandoi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan sebaik-baiknya kepada jamaah haji melalui sistem dan pengelolaan ibadah haji. Kementerian Agama Kota Bandung kaitannya dengan penyelenggaraan ibadah haji menghadapi beberapa kendala, antara lain pendaftaran dan kuota jamaah haji. Selain itu, kondisi penyelenggaraan haji di Indonesia dinilai tidak efektif dan efisien akibat pandemi Covid-19. Hal ini juga berimbas pada pengelolaan haji dan dampak penundaan haji di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Keberhasilan humas Kemenag Kota Bandung dalam mengkomunikasikan atau mensosialisan aturan tersebut indikasinya dapat dilihat dari dengan tidak adanya yang melakukan pembatalan atan pengambilan setoran dana haji. Dalam menangkal berita hoax, keberhasilan humas Kemenag Kota Bandung, indikasinya calon jamaah haji tidak terpengaruh karena informasi dari Kemenag terus terjalin baik ofline maupun online dengan memberdayakan berbagai komponen baik internal maupun eksternal.

 

Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Humas, Sosialisasi

Downloads

Published

31-12-2022

How to Cite

Suhendi, Setiawan, A., & Surizkika, A. (2022). ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMBATALAN PEMBERANGKATAN IBADAH HAJI PADA MASA PENDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDUNG). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(2), 152–162. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/660

Issue

Section

Articles