ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (STUDI KASUS PADA WISATA HUTAN PINUS GOGONITI, KABUPATEN BLITAR)

Authors

  • Renny Puspita Sari
  • Sandi Eka Suprajang

Abstract

Pariwisata sebagai salah satu jenis industri yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan dan standar hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Wisata Hutan Pinus Gogoniti. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wisatawan Wisata Hutan Pinus Gogoniti tahun 2018 dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan menggunakan metode purposive sampling dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil uji validitas adalah nilai tabel r product moment =0,1654, menyatakan bahwa Jika r hitung > r tabel, maka pernyataan dinyatakan valid. Dari hasil uji reliabilitas diketahui nilai koefisien alpha>dari 0,6 maka disimpulkan bahwa instrumen penelitian tersebut reliable. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa hasil uji T diketahui nilai thitung=7,167 dan 5,993 dengan tingkat signifikansi 0,000 menggunakan batas signifikansi 0,1. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Hasil uji-F dan regresi hasil nya adalah Fhitung sebesar 361,190 dengan signifikansi 0,000<0,1, menunjukkan bahwa Kualitas Layanan dan promosi berpengaruh dalam meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Kualitas Layanan dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung.

 

Kata kunci : Kualitas Layanan, Promosi, Keputusan Berkunjung Wisatawan

Downloads

Published

30-12-2020

How to Cite

Sari, R. P. ., & Suprajang, S. E. (2020). ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (STUDI KASUS PADA WISATA HUTAN PINUS GOGONITI, KABUPATEN BLITAR). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(2), 143–154. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/478

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)