ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MANDIRI CABANG BLITAR
Abstract
Kualitas pelayanan telah menjadi fokus utama, dan upaya peningkatannya merupakan tantangan serius yang harus dilakukan pada semua sektor usaha. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bahwa kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Cabang Blitar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adakah seluruh nasabah yang datang ke Bank Mandiri untuk melakukan keluhan tahun 2018 yang berjumlah 70 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan motode purposive sampling (ditentukan oleh peneliti).Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa “Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah†terbukti. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci: Kualitas layanan, Loyalitas