Hubungan Antara Persepsi dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid- 19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi UNP Kediri

Penulis

  • Mar’atus Solikah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.51289/peta.v6i2.503

Kata Kunci:

Persepsi, Partisipasi, Perkuliahan Daring

Abstrak

Abstrak

  

Ditengah maraknya pandemi covid-19, sektor pendidikan merupakan sektor yang tetap harus berjalan tak terkecuali di tingkat Perguruan Tinggi. Salah satu upaya agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan efektif adalah dengan cara daring (dalam jaringan). Dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala yang sedikit banyak merisaukan baik dikalangan mahasiswa, dosen maupun Perguruan Tinggi itu sendiri, utamanya yang terkait dengan perspsi dan partisipasi mahasiswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara persepsi dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan daring selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat studi kasus dengan   menggunakan instrument   kuisioner yang diberikan kepada para mahasiswa Prodi Akuntansi UNP Kediri.

Hasil analisis yang diperoleh terdapat hubungan antara proses belajar mengajar dengan partisipasi mahasiswa adalah sebesar 0,406 menunjukkan angka positif, berikutnya untuk kompetensi dosen juga terdapat korelasi dengan partisipasi mahasiswa adalah sebesar 0,623 menunjukkan angka positif, dan ada korelasi antara sarana prasarana dengan partisipasi mahasiswa adalah sebesar 0,453 menunjukkan angka positif.

  

  

Referensi

Daftar Pustaka

Aprylian, L.A. 2011. “ Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik”, Skripsi, Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Desmawangga. Christoper. 2013. Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa Program Studi administrasi Negara Dalam Organisasi Kemahasiswaan di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. eJournal Ilmu administrasi.2013. vol 1. No. 2 : 683-697.

Inah. E.N .2015 . Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib. Vo. 8. No.2

Kadir, A. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari. Al Izzah : Jurnal Hasil hasil Penelitian, 1 (1), 1-15

Liliweri. Alo. 2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: PT Prenadamedia Group

Maulana, Hutomo Atman dan Hamidi, Muhammad. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada matakuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Equilibrium: Jurnal Pendidikan. Vol VIII. Issu 2. Juni- Desember 2020

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competence Based Human Resource management) Bogor. Ghalia Indonesia

Novita, M. 2017. Sarana Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El- Islam, 4 (2), 97-129

Mukhtar. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Perkuliahan dan Hubungannya Dengan Partisipasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan (studi Tentang Mahasiswa semester Genap Jurusan Sosiologi Universitas Riau). Jurnal. Jom FISIP Volume 4 N0. 2. Oktober 2017

Murti, Ridyantoro Widoyo dan Prasetio, Arif Partono. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 1412-565X. E-ISSN 2541-4135

Saragih, Ordekoria dan F. Ari Anggraini Sebayang, Arman Bemby Sinaga, Muhammad Rasyid Ridho. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Tarbiyah Wa Ta’lim. E-ISSN: 2714-8483, P-ISSN: 2355-1003. Volume 7 No. 3 November 2020.

Sugiyono. 2013. Metodelogi penelitian kuantitatif ,kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta CV

Wahyudin, Hendra. 2007. Persepsi Masyarakat Terhadap Program Community Development (CD) Pendidikan PT. Medco Eksplorasi dan Produksi (E&P) Indonesia didesa Lambang Sari I, II, III Kecamatan Lirik. Skripsi Ilmu Pmerintahan. Fisipol UNRI.

##submission.downloads##

Diterbitkan

30-07-2021

Cara Mengutip

Solikah, M. dan Kusumaningtyas, D. (2021) “Hubungan Antara Persepsi dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid- 19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi UNP Kediri”, Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA). Blitar, Indonesia, 6(2), hlm. 168–180. doi: 10.51289/peta.v6i2.503.

Terbitan

Bagian

Articles