Hubungan Antara Persepsi dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid- 19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi UNP Kediri
DOI:
https://doi.org/10.51289/peta.v6i2.503Kata Kunci:
Persepsi, Partisipasi, Perkuliahan DaringAbstrak
Abstrak
Ditengah maraknya pandemi covid-19, sektor pendidikan merupakan sektor yang tetap harus berjalan tak terkecuali di tingkat Perguruan Tinggi. Salah satu upaya agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan efektif adalah dengan cara daring (dalam jaringan). Dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala yang sedikit banyak merisaukan baik dikalangan mahasiswa, dosen maupun Perguruan Tinggi itu sendiri, utamanya yang terkait dengan perspsi dan partisipasi mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara persepsi dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan daring selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat studi kasus dengan menggunakan instrument kuisioner yang diberikan kepada para mahasiswa Prodi Akuntansi UNP Kediri.
Hasil analisis yang diperoleh terdapat hubungan antara proses belajar mengajar dengan partisipasi mahasiswa adalah sebesar 0,406 menunjukkan angka positif, berikutnya untuk kompetensi dosen juga terdapat korelasi dengan partisipasi mahasiswa adalah sebesar 0,623 menunjukkan angka positif, dan ada korelasi antara sarana prasarana dengan partisipasi mahasiswa adalah sebesar 0,453 menunjukkan angka positif.
Referensi
Daftar Pustaka
Aprylian, L.A. 2011. “ Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik”, Skripsi, Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Desmawangga. Christoper. 2013. Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa Program Studi administrasi Negara Dalam Organisasi Kemahasiswaan di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. eJournal Ilmu administrasi.2013. vol 1. No. 2 : 683-697.
Inah. E.N .2015 . Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib. Vo. 8. No.2
Kadir, A. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari. Al Izzah : Jurnal Hasil hasil Penelitian, 1 (1), 1-15
Liliweri. Alo. 2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: PT Prenadamedia Group
Maulana, Hutomo Atman dan Hamidi, Muhammad. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada matakuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Equilibrium: Jurnal Pendidikan. Vol VIII. Issu 2. Juni- Desember 2020
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competence Based Human Resource management) Bogor. Ghalia Indonesia
Novita, M. 2017. Sarana Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El- Islam, 4 (2), 97-129
Mukhtar. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Perkuliahan dan Hubungannya Dengan Partisipasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan (studi Tentang Mahasiswa semester Genap Jurusan Sosiologi Universitas Riau). Jurnal. Jom FISIP Volume 4 N0. 2. Oktober 2017
Murti, Ridyantoro Widoyo dan Prasetio, Arif Partono. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 1412-565X. E-ISSN 2541-4135
Saragih, Ordekoria dan F. Ari Anggraini Sebayang, Arman Bemby Sinaga, Muhammad Rasyid Ridho. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Tarbiyah Wa Ta’lim. E-ISSN: 2714-8483, P-ISSN: 2355-1003. Volume 7 No. 3 November 2020.
Sugiyono. 2013. Metodelogi penelitian kuantitatif ,kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta CV
Wahyudin, Hendra. 2007. Persepsi Masyarakat Terhadap Program Community Development (CD) Pendidikan PT. Medco Eksplorasi dan Produksi (E&P) Indonesia didesa Lambang Sari I, II, III Kecamatan Lirik. Skripsi Ilmu Pmerintahan. Fisipol UNRI.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Mar’atus Solikah, Dian Kusumaningtyas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)