PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA SCOOPY
Keywords:
Brand Image, Keputusan Pembelian, Kualitas ProdukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Motor Matic Honda Scoopy melalui brand image. Populasi penelitian ini pada wilayah Pejagalan - Jakarta Utara sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Struktural Equation Model (SEM) dan menggunakan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap keputusan pembelian, brand Image berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh langsung terhadap brand image, dan kualitas produk melalui brand image berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., & others. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Anggarwati, P. A., & Putra, K. E. S. (2024). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Citra Hand And Body Lotion. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 82–90.
Anisa, N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Milo Activ-Go UHT. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3), 408–416. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.37175
Anugrah, L. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Dimediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Di Shopee (Studi Pada Konsumen Merk The Originote Di Surabaya) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 13(2022), 1–18.
Ayu, D., Mesi, W. L., Yuliana, N. P., & Sawitri, R. (2025). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian The Role of Brand Image in Mediating the Influence of Brand Ambassador on Purchasing Decisions. Jhr :Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 247(01), 3025–9800.
Azizah, N., Dahliani, Y., & Qomaruzzaman Ratu Edi, B. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Desain Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Honda Scoopy Di Kecamatan Mayang Jember. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 4(1), 93–107. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v4i1.912
Bagaskara, N. N., & Ngatno. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 726–735. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29765
Budhi, I. M. A. A., & Ekawati, N. W. (2022). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 948. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i05.p05
Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS (Cetakan Pe). PT. Luxima Metro Media.
Isnawati, L., & Rafida, V. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Pada Driver Ojek Online Di Kota Surabaya. Scientific Journal of Economics, Management, Business, and Accounting, 14(2), 428–445. https://doi.org/10.37478/als.v14i2.4493
Kristin, N. I., Nugroho, A. P., Tinggi, S., Ekonomi, I., Unggul, A., & Surakarta, B. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Pendidikan, 8(1), 104–115. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent
Kusuma, A. P., & Wikaningtyas, S. U. (2025). The Effect of Advertising Attractiveness and Product Quality on Purchase Decisions Through Brand Image as an Intervening Variable. Jurnal Tambora, 9(1), 77–88.
Monika, & Wediawati, T. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy Di Kota Samarinda. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 146–154.
Pamelia, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Beat (Studi Pada Warga Perumahan Pesona Permata Ungu Krian Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1554–1563. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1554-1563
Prawira, I. K., Ngatno, N., & Wijayanto, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Wuling Confero Di Kota Semarang Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(2), 395–405. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Putri, D. K., Hidajat, W., & Widayanto. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada PT Astra Motor Center Pati. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(2), 457–464. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/37767
Rizky, Fadhilah, M., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi Kasus Pengguna Sepeda Motor Honda Scoopy di Yogyakarta). Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 7012–7022.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (Cetakan pe). Penerbit KBM Indonesia.
Septiani, V. R., & Kusmayadi, O. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Scoopy (Survei Pada Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy di PD. Lima Motor Cilamaya-Karawang). Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 186. https://doi.org/10.33087/eksis.v12i2.247
Setiawan, R., & Surjaatmadja, S. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Honda “Scoopy” Di Kota Tangerang. STIE Indonesia Banking School, 2, 1070–1079.
Shofwan, T., Aryani, L., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Korelasi, 2, 104–115. https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.912
Sili, N. L. S. A., & Kurniadi, I. P. E. (2023). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian PT. Adiska Sarana Medika. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/bjm.v9i1.49379
Suyanto. (2024). Pengaruh Brand Image dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian. Yoes Soedarso Economic Journal, 6(1), 28–40.
Yehezkiel, E. W., Ellitan, L., & Erwita, M. A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 12(2), 98–108. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i2.5225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novita Anggaraini , Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




