PENGARUH CELEBRITY ENDORSE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT AKSES PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA

Authors

  • Lona Chinsia A.
  • Eko Santoso
  • Nur Alfida Miftakul
  • Mokhamad Eldon

Keywords:

Brand Image, Celebrity Endorse, Electronic Word of Mouth, Minat Akses

Abstract

Penelitiain ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity endorse, electronic word of mouth, dan brand image terhadap minat akses pada E-Commerce Tokopedia, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 63 responden menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial celebrity endorse tidak berpengaruh terhadap minat akses, sedangkan electronic word of mouth dan brand image berpengaruh secara parsial terhadap minat akses. Celebrity endorse, electronic word of mouth dan brand image secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat akses. Electronic word mouth memiliki pengaruh dominan terhadap minat akses pandai E-Commerce Tokopedia.

References

Aini, Z. B. N., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(1), 132–139. http://riseit.uinisma.ac.id/indeix.php/jiagabi/articlei/vieiw/9995

Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser , Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16–31. https://doi.org/10.25077/amar.4.2.16-31.2020

Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications (10th ed.). CENGAGE.

Anisa, N. A., & Widjatmiko, A. G. (2020). Electronic Word Of Mouth (E-Wom) , Celebrity Endorsement Dan Gaya Hidup Pada Minat Beli Produk Online Shop. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 4(10), 1514–1522. https://doi.org/10.52160/eijmm.v4i10.480.

Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthei, R. N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana, Ashoeir, M., Tjiptadi, D. D., Heindra, Simarmata, H. M. P., Berlin, R., & Hasyim. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Dumadi, Wulandari, H. K., & Syaifulloh, M. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Harga Tiket Terhadap Minat Pengunjung Wisata Pulau Cemara Brebes. JURNAL VALUE : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 409–418. https://doi.org/10.32534/jv.v16i2.2139

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.

Killer, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). PEARSON.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kuswibowo, C., & Muirti, A. K. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion , Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 05(01), 53–61. https://doi.org/10.30988/jmil.v5i1.726

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Pandiva Buku.

Mahyarni. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku).

Miarahayu, B. Ei. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi, Citra Merek, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Di Pegadaian Syariah Landungsari Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Minnesota, Ui. of. (2015). Principles of Marketing. Libraries.

Nugrahaningsih, W., & Erlinawati, M. (2017). Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Online Ep. 68). Pustaka Bengawan.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sari, N., & Saputra, M. (2019). Pengaruh Intensity, Valence Of Opinion, Contein Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Di Provinsi Lampung. Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bisnis, 5(1). https://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/veiw/217

Tokopedia. Diakses pada 11 Mei 2022, dari https://www.tokopeidia.com/about/

Triputranto, B., & Nuirdiansyah, F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Akses Situs Web Dan Aplikasi Tokopedia (Studi Kasus Pada Iklan Tokopedia X Bts). Pro Mark, 11(1).

Wardhana, H. W., Wahab, Z., & Shihab, M. S. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E- Commerce Zalora dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. COOPETITION: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 431–446. https://doi.org/10.32670/coopeitition.v12i3.627

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Peirsyaratan Analisis. Klik Media

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Chinsia A., L. ., Santoso, E. ., Miftakul, N. A. ., & Eldon, M. . (2025). PENGARUH CELEBRITY ENDORSE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT AKSES PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 10(1), 77–89. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/971

Issue

Section

Articles