PENGARUH COMPETENCY, COMMITMENT, COLLABORATION & WORKLOAD TERHADAP SERVICE QUALITY DI RSI AISYIYAH MALANG
Keywords:
Collaboration, Commitment, Competency, Service Quality, WorkloadAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Compenency, Commitment, Colaboration Dan Workload terhadap Service Quality di RSI Aisyiyah Malang dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang dipilih sebagai sampel sebanyak 68 menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan maksud untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Competency para perawat secara signifikan mempengaruhi Service Quality RSI Aisyiyah Malang, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,027 dan nilai koefisien regresi 0,149, demikian pula dengan Commitment dan Collaborasi yang dilakukan antara Dokter dengan Perawat juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,028 dan koefisien regresi 0,141 untuk commitment dan nilai signifikansi 0,040 dan koefisien regresi 0,207 untuk Collaboration. Adapun Workload berpengaruh negatif signifikan terhadap service quality RSI Aisyiyah Malang dengan signifikansi 0,014 dan koefisien regresi -0,265. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengungkapkan service quality yang dilakukan RSI Aisyiyah Malang bila dilihat dari Competency, Commitment, Collaboration sudah baik, hanya saja Service Quality ini menjadi berkurang manakala Workload para mengalami peningkatan.
Kata kunci : Competency, Commitment, Collaboration, Workload, Service Quality
References
Aziizir, N. M. (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak. Publika, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UNTAN, 101. http://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance/article/view/40%0Ahttps://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance/article/download/40/39
Basriani, A. (2016). Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja dosen (studi pada yayasan pendidikan persada bunda pekanbaru). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VII(1), 21–34. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/4316%0Ahttps://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/download/4316/4140
Bautista, Robert, John, Zhang, Yan, Gwizdka, & Jacek. (2021). Us physicians’ and nurses’ motivations, barriers, and recommendations for correcting health misinformation on social media: Qualitative interview study. JMIR Public Health and Surveillance, 7(9), 27715. https://doi.org/10.2196/27715
Dewi, A. S., & Muhsin. (2019). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Kinerja, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1249–1259.
Fahlevi. (2017). Pengaruh Kompetensi Petugas Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Peureumeue Kabupaten Aceh Barat. Prosiding Seminar Nasional IKAKESMADA, 256–265.
Gilbert, John, H.V., Yan, Jean, Hoffman, & J., S. (2010). A WHO report: Framework for action on interprofessional education and collaborative practice. Journal of Allied Health, 39(SUPPL. 1), 196–197.
Gillies, D. A. (2000). Manajemen Keperawatan (Sebagai Suatu Pendekatan Sistem) (Pertama). Yayasan IAPKP.
Hendryana, & Artanti. (2014). Praktik Kolaborasi Kesehatan Penting untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan - Universitas Padjadjaran. Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjajaran, 10(September). http://www.unpad.ac.id/2014/09/praktik-kolaborasi-kesehatan-penting-untuk-tingkatkan-kualitas-pelayanan-kesehatan/
Hidayat, La, Ode, Shabir, Achmad, Mawardi, Ahmad, & Novirianti. (2022). Desain Kerja, Kolaborasi Interprofesional, dan Beban Kerja dengan Penerapan Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.36590/kepo.v3i2.452
Immaduddin, N. A. (2022). Sejarah dan Kiprah RSI Aisyiyah Malang. RSIAisyiyah Malang. https://rsiaisyiyah-malang.or.id/sejarah/
Kartika, Nurbani, Lucia, Sugiarto, & Agus. (2016). Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 73. https://doi.org/10.24914/jeb.v17i1.240
Kusuma, Meradiana, Widya, Herawati, Fauna, Setiasih, Setiasih, Yulia, & Rika. (2021). Persepsi Tenaga Kesehatan dalam Praktik Kolaborasi Interprofesional di Rumah Sakit di Banyuwangi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(2), 106–113. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.2.106-113
Lumbantoruan, H. C., & Nurhidayah, R. E. (2023). Implikasi Kolaborasi Interprofesional Terhadap Layanan Keperawatan Berdasarkan Perpektif Holistic Care: Systematic Review. Jurnal Maternitas Kebidanan, 8(1), 1–16. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/jumkep/article/view/3504
Novita, F., Syukriadi, S., & Riza, S. (2023). Analisis Beban Kerja Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati Kota Banda Aceh Tahun 2023. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 9(2), 1432–1442. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/3413%0Ahttps://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/download/3413/1696
Nurulita, S., & Sulistiadi, W. (2023). Sikap terhadap Interprofessional Collaboration (IPC) antara Dokter dan Perawat: Scoping Review. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.29313/jiks.v5i2.11729
Putra, Kusuma, Bagus, Nyoman, Jodi, S., Antok, I. W. G., Merta, & Ketut, I. (2020). Pengaruh Komitmen Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan PT. BPR Duta Bali. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 2(1), 89–98. https://doi.org/10.47532/jis.v2i1.57
Rachmaniza, S. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Divisi Produksi di PT. Sinar Ragamindo Utama Bandung. Prosiding Manajemen, 6(1), 11–16. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/19509
Romadhoni, R. D., & Pudjirahardjo, J. W. (2016). Beban Kerja Obyektif Tenaga Perawat di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.20473/jaki.v4i1.2016.57-66
Rumanty, E. (2009). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perawat Tentang Indikator Kolaborasi Terhadap Praktek Kolaborasi Perawar Dokter Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Shalahuddin, A. (2018). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasional dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Pegawai PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 202. https://doi.org/10.26418/jebik.v7i3.26875
Sukmasari, R. N. (2015). Kolaborasi Dokter dan Perawat Penting untuk Optimalkan Kesembuhan Pasien (p. 2934796). https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2934796/kolaborasi-dokter-dan-perawat-penting-untuk-optimalkan-kesembuhan-pasien.
Sulistyowati, D. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian target kinerja individu perawat. In Skripsi. Universitas Indonesia.
Suryani, E., & Rambe, N. (2022). Analisis Pengaruh Beban Kerja Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Rsud Kota Padangsidimpuan. Jurnal Mutiara Ners, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i1.1956
Susilaningsih, Sri, F., Mediani, S., H., Kurniawan, Titis, Widiawati, Maria, Maryani, Lidya, Meharawati, ., & Ira. (2017). Sosialisasi Model Praktik Kolaborasi Interprofesional Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(1), 10–13.
Tarigan, Rostiana, Huseini, Martani, Usman, & Ihsanuddin. (2005). Kendala-kendala dalam penerapan Total Quality Manajemen ( TQM ) di badan POM Constraints in applying Total of Quality MAnagement in National Agency of Drug and Food Control.
Wickramasinghe, V., & Zoyza, D. N. (2009). A comparative analysis of managerial competency needs across areas of functional specialization. Journal of Management Development, 28(4), 344–360. https://doi.org/10.1108/02621710910947371
Wijayanti, Novieastari, Enie, Trisna, Eva, Tutik, Rr, Hariyati, & Sri. (2015). Hubungan gaya kepemimpinan Kepala Ruangan dengan kepuasan dan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20420931&lokasi=lokal
Yulianti, A. (2013). Ratio Kecukupan Perawat: Sebuah Sistematik Review Strategi Keselamatan Pasien. Mutu Pelayanan Kesehatan.Net. http://mutupelayanankesehatan.net/index.php/component/content/article/22/558
Yustikasari, Y. (2022). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Dan Kepatuhan Terhadap Akuntabilitas Pengeloloaan Dana Desa. Jurnal MONEX, 01(11), 10–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zainul Arifin, Agussalim Ardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.