PENGARUH COMPETENCY, COMMITMENT, COLLABORATION & WORKLOAD TERHADAP SERVICE QUALITY DI RSI AISYIYAH MALANG

Authors

  • Zainul Arifin STIE Malangkucecwara
  • Agussalim Ardiansyah STIE Malangkucecwara Malang

Keywords:

Collaboration, Commitment, Competency, Service Quality, Workload

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  menganalisis  pengaruh  Compenency, Commitment, Colaboration Dan Workload  terhadap  Service Quality di RSI Aisyiyah Malang dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang dipilih sebagai  sampel sebanyak 68  menggunakan  metode  purposive sampling. Metode analisis  yang  digunakan  adalah  regresi  linier  berganda dengan maksud untuk menganalisis pengaruh variabel  independen terhadap  variabel  dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Competency para perawat secara signifikan mempengaruhi Service Quality RSI Aisyiyah Malang, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,027 dan nilai koefisien regresi 0,149, demikian pula dengan Commitment dan Collaborasi yang dilakukan antara Dokter dengan Perawat juga memiliki  pengaruh yang  signifikan  dengan  nilai signifikansi 0,028 dan koefisien regresi 0,141 untuk commitment dan nilai signifikansi 0,040 dan koefisien regresi 0,207 untuk Collaboration.  Adapun Workload berpengaruh negatif signifikan terhadap service quality RSI Aisyiyah Malang dengan signifikansi 0,014 dan koefisien regresi -0,265.  Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengungkapkan service quality yang dilakukan RSI Aisyiyah Malang bila dilihat dari Competency, Commitment, Collaboration sudah baik, hanya saja Service Quality ini menjadi berkurang manakala Workload para mengalami peningkatan.

 

Kata kunci : Competency, Commitment, Collaboration, Workload, Service Quality

References

Aziizir, N. M. (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak. Publika, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UNTAN, 101. http://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance/article/view/40%0Ahttps://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance/article/download/40/39

Basriani, A. (2016). Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja dosen (studi pada yayasan pendidikan persada bunda pekanbaru). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VII(1), 21–34. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/4316%0Ahttps://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/download/4316/4140

Bautista, Robert, John, Zhang, Yan, Gwizdka, & Jacek. (2021). Us physicians’ and nurses’ motivations, barriers, and recommendations for correcting health misinformation on social media: Qualitative interview study. JMIR Public Health and Surveillance, 7(9), 27715. https://doi.org/10.2196/27715

Dewi, A. S., & Muhsin. (2019). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Kinerja, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1249–1259.

Fahlevi. (2017). Pengaruh Kompetensi Petugas Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Peureumeue Kabupaten Aceh Barat. Prosiding Seminar Nasional IKAKESMADA, 256–265.

Gilbert, John, H.V., Yan, Jean, Hoffman, & J., S. (2010). A WHO report: Framework for action on interprofessional education and collaborative practice. Journal of Allied Health, 39(SUPPL. 1), 196–197.

Gillies, D. A. (2000). Manajemen Keperawatan (Sebagai Suatu Pendekatan Sistem) (Pertama). Yayasan IAPKP.

Hendryana, & Artanti. (2014). Praktik Kolaborasi Kesehatan Penting untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan - Universitas Padjadjaran. Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjajaran, 10(September). http://www.unpad.ac.id/2014/09/praktik-kolaborasi-kesehatan-penting-untuk-tingkatkan-kualitas-pelayanan-kesehatan/

Hidayat, La, Ode, Shabir, Achmad, Mawardi, Ahmad, & Novirianti. (2022). Desain Kerja, Kolaborasi Interprofesional, dan Beban Kerja dengan Penerapan Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.36590/kepo.v3i2.452

Immaduddin, N. A. (2022). Sejarah dan Kiprah RSI Aisyiyah Malang. RSIAisyiyah Malang. https://rsiaisyiyah-malang.or.id/sejarah/

Kartika, Nurbani, Lucia, Sugiarto, & Agus. (2016). Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 73. https://doi.org/10.24914/jeb.v17i1.240

Kusuma, Meradiana, Widya, Herawati, Fauna, Setiasih, Setiasih, Yulia, & Rika. (2021). Persepsi Tenaga Kesehatan dalam Praktik Kolaborasi Interprofesional di Rumah Sakit di Banyuwangi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(2), 106–113. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.2.106-113

Lumbantoruan, H. C., & Nurhidayah, R. E. (2023). Implikasi Kolaborasi Interprofesional Terhadap Layanan Keperawatan Berdasarkan Perpektif Holistic Care: Systematic Review. Jurnal Maternitas Kebidanan, 8(1), 1–16. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/jumkep/article/view/3504

Novita, F., Syukriadi, S., & Riza, S. (2023). Analisis Beban Kerja Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati Kota Banda Aceh Tahun 2023. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 9(2), 1432–1442. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/3413%0Ahttps://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/download/3413/1696

Nurulita, S., & Sulistiadi, W. (2023). Sikap terhadap Interprofessional Collaboration (IPC) antara Dokter dan Perawat: Scoping Review. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.29313/jiks.v5i2.11729

Putra, Kusuma, Bagus, Nyoman, Jodi, S., Antok, I. W. G., Merta, & Ketut, I. (2020). Pengaruh Komitmen Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan PT. BPR Duta Bali. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 2(1), 89–98. https://doi.org/10.47532/jis.v2i1.57

Rachmaniza, S. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Divisi Produksi di PT. Sinar Ragamindo Utama Bandung. Prosiding Manajemen, 6(1), 11–16. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/19509

Romadhoni, R. D., & Pudjirahardjo, J. W. (2016). Beban Kerja Obyektif Tenaga Perawat di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.20473/jaki.v4i1.2016.57-66

Rumanty, E. (2009). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perawat Tentang Indikator Kolaborasi Terhadap Praktek Kolaborasi Perawar Dokter Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Shalahuddin, A. (2018). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasional dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Pegawai PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 202. https://doi.org/10.26418/jebik.v7i3.26875

Sukmasari, R. N. (2015). Kolaborasi Dokter dan Perawat Penting untuk Optimalkan Kesembuhan Pasien (p. 2934796). https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2934796/kolaborasi-dokter-dan-perawat-penting-untuk-optimalkan-kesembuhan-pasien.

Sulistyowati, D. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian target kinerja individu perawat. In Skripsi. Universitas Indonesia.

Suryani, E., & Rambe, N. (2022). Analisis Pengaruh Beban Kerja Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Rsud Kota Padangsidimpuan. Jurnal Mutiara Ners, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i1.1956

Susilaningsih, Sri, F., Mediani, S., H., Kurniawan, Titis, Widiawati, Maria, Maryani, Lidya, Meharawati, ., & Ira. (2017). Sosialisasi Model Praktik Kolaborasi Interprofesional Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(1), 10–13.

Tarigan, Rostiana, Huseini, Martani, Usman, & Ihsanuddin. (2005). Kendala-kendala dalam penerapan Total Quality Manajemen ( TQM ) di badan POM Constraints in applying Total of Quality MAnagement in National Agency of Drug and Food Control.

Wickramasinghe, V., & Zoyza, D. N. (2009). A comparative analysis of managerial competency needs across areas of functional specialization. Journal of Management Development, 28(4), 344–360. https://doi.org/10.1108/02621710910947371

Wijayanti, Novieastari, Enie, Trisna, Eva, Tutik, Rr, Hariyati, & Sri. (2015). Hubungan gaya kepemimpinan Kepala Ruangan dengan kepuasan dan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20420931&lokasi=lokal

Yulianti, A. (2013). Ratio Kecukupan Perawat: Sebuah Sistematik Review Strategi Keselamatan Pasien. Mutu Pelayanan Kesehatan.Net. http://mutupelayanankesehatan.net/index.php/component/content/article/22/558

Yustikasari, Y. (2022). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Dan Kepatuhan Terhadap Akuntabilitas Pengeloloaan Dana Desa. Jurnal MONEX, 01(11), 10–21.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Arifin, Z., & , A. A. (2025). PENGARUH COMPETENCY, COMMITMENT, COLLABORATION & WORKLOAD TERHADAP SERVICE QUALITY DI RSI AISYIYAH MALANG. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 10(1), 17–25. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/927

Issue

Section

Articles