PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING PADA MARKETPLACE SHOPEE
Abstract
Abstrak
Persaingan di dunia bisnis menjadi sangat ketat karena disebabkan oleh perkembangan dari waktu ke waktu. Strategi pemasaran yang tepat dibutuhkan untuk menarik konsumen dan mempertahankan pangsa pasar sehingga produk bisa menjadi pilihan utama bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening pada marketplace Shopee. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengikut official store Shopee Scarlett Whitening. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Hasil uji T diketahui nilai thitung = 3,453 dan 10,766 dengan tingkat signifikansi 0,000. Hasil uji F adalah Fhitung = 162,361 dengan signifikansi 0,000 yang terdapat pengaruh Brand Ambassador (X1) dan Brand Image (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah brand ambassador dan brand image semakin baik maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian pada produk Scarlett Whitening pada marketplace Shopee.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian
References
Arianty, N. 2021. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magiste Manajemen, 4(1), 39–50.
Keller, K. L. 2013. Strategic Brand Management: Building, measuring, and managing brand equity (4th ed). England. Pearson Education, Inc.
Kotler, Phillip. & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas (Jilid 1). Jakarta. Erlangga.
Kotler, Phillip. &Armstrong, Gary. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan (Jilid 1). Jakarta. Erlangga.
Lailiya, N. 2020. Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN. 2(2), 113–126.
Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion marketing communications. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.
Samosir, L.S., Putri, Y.R. & Nurfebiaraning, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi. 15(2), 234-230
Tjiptono, Fandy. 2015, Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta. ANDI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rania Vicka Larasati, Ema Prasetyorini, Budi Elyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.