PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT “NGUNUT ARTA” TULUNGAGUNG)

Authors

  • Budi Prasetyo
  • Nurani
  • Marlena
  • Roudatul Janah

Abstract

Abstrak

Kinerja karyawan merupakan salah satu penentu kesuksesan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya. Kinerja bersifat individu dan berbeda-beda antara satu karyawan dengan yang lainya. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian dari manajemen sumber daya manusia untuk memperhatikan porsi kerja dan kemampuan karyawan dalam kinerja perusahaan. Kinerja karyawan secara efektif dan efisian akan meningkatkan produktifitas perusahaan, dan ketiga faktor dari budaya organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja merupakan aspek penentu seberapa besar tingkat kinerja karyawan dalam suatu organisasi. Memilih karyawan PT. Bank Perkreditan Rakyat “Ngunut Arta” Tulungagung sebagai obyek penelitian. Menggunakan metode survey dan regresi linier berganda dengan analisa jalur sebagai alat analisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Budaya organisasi dan motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai sig F sebesar 0,000 < 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Budaya Organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja. Pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja (0,459) lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja karyawan (0,326). Motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja (0,492) lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja (0,349).

 

Kata kunci:  Budaya Organisasi, Motivasi, Kinerja, Kepuasan Kerja

References

Avianto, R. 2015.Pengalaman Ketipu Belanja Online di Bukalapak.com. diaksesdari http://www.aviantorichad.com pada tanggal 20 Januari 2017, pukul 19.00 WIB. Nuryadi, A. (2016) Top 10 Toko Online Indonesia Paling Sering Dikunjungi. Diaksesdari http://chip.co.id/news/ pada tanggal 20 Januari 2017, pukul 20.00 WIB.

Azizah, N., dan Dewi, C.K, 2016, Pengaruh Shopping Orientation, Online Trust dan Prior Online Purchase Experience terhadap Online Purchase Intenton (Studi Pada Online Shop Hijabi House). Jurnal Ekonomi. Vol 20 No. 2

Baskara, Hariyadi, 2014, Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan ResikoTerhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs JejaringSosial (Social Networking Websites).

Durianto, D., dan Liana, C, 2004, Analisis efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer decision model. JurnalEkonomi Perusahaan.Vol.11 (no.1).

Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equalition Modeling dalam Penelitian Manajemen. BP. Undip, Semarang.

Ghozali, Imam, 2011, AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jogiyanto, 2007, Sistem Informasi Keperilakuan. EdisiRevisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, D.F., dan Septarini, B.G, 2013, Pengaruh Orientasi BelanjaTerhadap Intensi Pembelian Produk PakaianSecara Online Pada Pengguna Online Shop. Vol 02. JurnalPsikologi dan Organisasi. Surabaya: Universitas Airlangga.

L., dan Yuniarwati, 2014, Pengaruh Merek, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Minat Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Secara Online.

Ling, KwekChoon et.al, 2010, The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. Vol 3. International Business Research. Malaysia.

Mathwick, C., Malhotra, N. and Rigdom, E, 2001, ‘Experiential value: Conceptualization, measurement and application in the catalog and Internet shopping environment’, Journal of Retailing, 77(1), 39-56.

Pamungkas, Y.F.C, 2014, Pengaruh Orientasi Pembelian, Kepercayaan, Dan Pengalaman Pembelian Online Terhadap Minat Beli Online.

Petra Seock, Yoo-Kyoung, 2003, Analysis of Clothing Website for Young Consumer Retention Based on A Model of Consumer Relationship Management via Internet. Unpublished dissertation. Faculty of the Virginia Polytechnic Istitude and State University.

Pavlou, P. A., dan Gefen, D., 2002, Building Effective Online Marketplaces with Institution-based Trust. Proceedings of Twenty-Third International Conference on Information Systems, pp. 667-675.

Rusli, H. 2015 Kebijakan Bukalapak.com Berpihak Kepada Pelapak Penipu. Diaksesdari https://lapor.net pada tanggal 20 Januari 2017, pukul 20.00 WIB. https://slemankab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/7 diakses pada tanggal 14 Februari 2017, pukul 19.00 WIB

Samuel, Hatane, 2006, Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi. Vol 8. JurnalManajemen dan Kewirausahaan. Surabaya: Universitas Kristen

Simamora, Bilson, 2008, Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sophia, 2014, Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Sebelumnya terhadap Minat Beli Pelanggan Secara Online pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryani, Tatik, 2013, Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: GrahaIlmu. Utama,

Weber, K. and Roehl, W., 1999, “Profiling people searching for and purchasing travel products on the world wide web”, Journal of Travel Research, 37(3): 291-298.

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Prasetyo, B. ., Nurani, Marlena, & Janah, R. . (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT “NGUNUT ARTA” TULUNGAGUNG). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 8(2), 211–221. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/786

Issue

Section

Articles