KONTEN INFOGRAFIS SEBAGAI UPAYA MENGUBAH PERILAKU INDIVIDU DALAM MENGURANGI JEJAK KARBON STUDI PADA PEMUDA DI KOTA KUPANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini ingin melihat penggunaan infografis sebagai alternatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pemuda kota kupang terhadap perilaku penghasil jejak karbon. Oleh karena itu persuasi melalui ILM dengan konten infografis yang menonjolkan rasa bersalah diharapkan dapat berkontribusi bagi program green economy. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design, untuk mengetahui efek dari ILM dengan konten infografis anti jejak karbon terhadap sikap perilaku penghasil jejak karbon. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa infografis sebagai iklan layanan masyarakat dapat membentuk ketertarikan publik untuk mengubah perilaku dalam mengurangi jejak karbon.
Kata kunci: infografis, pemasaran sosial, metode eksperimen
References
https://www.republika.co.id/berita/qrk223382/47-orang-masih-dilaporkan-hilang-akibat-siklon-seroja-di-ntt Diakses pada: 13 Maret 2022)
Shttps://kumparan.com/marufin-sudibyo/badai-seroja-dan-ancaman-siklon-tropis-di-masa-depan-1vXqgi0rbqH (Diakses pada: 13 Maret 2022)
https://www.gatra.com/news-508387-kebencanaan-asal-usul-siklon-tropis-seroja-yang-porak-porandakan-ntt.html (Diakses pada: 13 Maret 2022)
https://www.kompas.tv/article/164687/setelah-badai-seroja-menerpa-bagian-timur-indonesia-diminta-waspadai-siklon-tropis-surigae (Diakses pada: 13 Maret 2022)
Tim CFP IPB University. (2020). Laporan Perhitungan Jejak Karbon. Kampus IPB Darmaga
Institute for Essential Services Reform (IESR). (2011). Kalkulator CO2 Jejak Karbon. Potensi Penurunan Emisi Indonesia Melalui Perubahan Gaya Hidup Individu.
https://nationalgeographic.grid.id/read/133050002/wahai-anak-muda-indonesia-menanti-langkahmu-untuk-netralitas-karbon?page=allZwicker, M. V., Nohlen, H. U., Dalege, J., Gruter, G.-J. M., & van Harreveld, F. (2020). Applying an Attitude Network Approach To Consumer Behaviour Towards Plastic. Journal of Environmental Psychology, 69, 101433. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2020.101433
Donovan, R., & Henley, N. (2010). Principles and Practice of Social Marketing: An International Perspective. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511761751
Laksmidewi, D., & Gunawan, R. A. (2021). Pengaruh Daya Tarik Perasaan Bersalah Dalam Pesan Donasi Terhadap Perilaku Donasi Konsumen. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 11(1), 22. https://doi.org/10.22441/mix.2021.v11i1.002
Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi Offset
Kotler P., Kartajaya H., & Setiawan I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Smiciklas, M. (2012). The power of infographics: Using pictures to communicate and connect with your audience. Que Pub.
Lankow, J., Ritchie, J., Crooks, Ross. (2014). Infografis: Kedahsyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Antonetti, P., & Maklan, S. (2014). Feelings that Make a Difference: How Guilt and Pride Convince Consumers of the Effectiveness of Sustainable Consumption Choices. Journal of Business Ethics, 124(1), 117–134. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1841-9
Chen, S., Thomas, S., & Kohli, C. (2016). What Really Makes a Promotional Campaign Succeed on a Crowdfunding Platform: Guilt, Utilitarian Products, Emotional Messaging, And Fewer But Meaningful Rewards Drive Donations. Journal of Advertising Research, 56(1), 81–94. https://doi.org/10.2501/JAR-2016-002
Ikhwan August Star Hanif, Andry Alamsyah, Yahya Peranginangin. (2015). Perancangan Infografis Sebagai Alternatif Bentuk Nilai Mahasiswa (Studi Pada Mata Kuliah Di Telkom University, Eksperimen: Mata Kuliah Entrepreneurship Prodi ADBIS). e-Proceeding of Management: Vol.2, No.1 April 2015
Muhammad Bintang Arigia, Trie Damayanti, Anwar Sani. (2016). Infografis Sebagai Media Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Publik Bank Indonesia. Jurnal Komunikasi ISSN 2085-1979, EISSN 2528 2727 Vol. 8, No. 2, Desember 2016, Hal 120 – 133
Pradatha, K., & Muksin, N. N. (2021). Komunikasi Pemasaran Secara Persuasif Melalui Infografis Pada Instagram Ethis.Co.Id. 5(1), 11.
Purwanto, Edi. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: CV Swadaya Manunggal
Putra, N. Y. P., Tania, M., Iklima, N., & Maulana, D. L. (2017). Perancangan Infografis Tentang Dampak Kebiasaan Begadang Terhadap Pola Tidur Sehat Bagi Remaja.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/sketsa ISSN: 2355-6595, E-ISSN: 2549-30274(2), 8.
Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 6(2). https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15440
Riyan Abdul Aziz. (2020). E-BOOK DIGITAL MARKETING CONTENT. https://www.amikomsolo.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/E-BOOK-DM.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulianta, Feri. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputind
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/pemanasan-global-dan-dampak-buruknya-bagi-kehidupan-bumi/ (Diakses pada: 13 Maret 2022)
https://nasional.kompas.com/read/2021/04/30/08534221/siklon-tropis-dan-dampak-badai-seroja-yang-ekstrem-di-ntt?page=all (Diakses pada: 13 Maret 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Septia S. Dioh, Jappy P. Fanggidae, Melda M. Poeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.