PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah investasi jangka panjang sebagai modal awal perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. Pelaksanaan pendidikan perlu mendapatkan dorongan dari semua pihak agar dalam pelaksanaanya pendidikan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama. Berangkat dari latar belakang masalah yang di kaitkan dengan pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja guru selama masa Pandemi Covid-19 dan pemberlakuan kegiatan Work From Home (WFH). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Metode Kuesioner. Responden penelitian ini berjumlah 42 guru PNS yang bekerja di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan pengujian yang telah dilakukan terhadap permasalahan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: pada variabel lingkungan kerja secara sendiri (parsial) menunjukkan bahwa lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja guru, pada variabel stres kerja secara parsial menunjukkan stres kerja berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kinerja, dimana bahwa stres kerja semakin tinggi maka kinerja guru akan semakin tinggi. Hasil penelitian terakhir menunjukan, terdapat pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru PNS di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar.
Kata kunci: Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Kinerja, Guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Husnalia, Eko Samsul Hadi , Anis Mufarohah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.