STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MTS IHSANNIAT JOMBANG)

Authors

  • Imam Turmudzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya Pemasaran dalam dunia pendidikan sangat diperlukan, dengan tujuan untuk memperkenalkan sekolah atau Madrasah bagi calon siswa baru sehubungan dengan kualitas sekolah. Persaingan di dunia pendidikan sangat menarik, sehingga diperlukan strategi khusus dalam pemasaran pendidikan. Strategi pemasaran pendidikan yang efektif akan memiliki umpan balik yang baik tentang sekolah karena citra sekolah di masyarakat akan lebih baik dan sekolah akan menarik siswa baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis: (1) strategi pemasaran Pendidikan, (2) Strategi penerapan, (3) Strategi Evaluasi.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk menguji validitas data dengan teknik seperti kredibilitas, portabilitas, reliabilitas dan validasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Formulasi MTs Ihsanniat Jombang dari strategi pemasaran lembaga pendidikan Islam dalam bentuk membuat program unggulan kegiatan MIPA. 2. Pelaksanaan atau implementasi strategi pemasaran lembaga pendidikan Islam di MTs Ishsaniat Jombang dimulai dengan pelaksanaan program unggulan MIPA dan pendaftaran dengan menggunakan saluran bakat dan minat. 3. Evaluasi yang dilakukan oleh MTs Ihsanniat Jombang yaitu dievaluasi oleh pertemuan kelembagaan di mana pelaksanaan evaluasi strategi pemasaran melalui kegiatan program unggulan MIPA, penerimaan jalur minat dan bakat, serta promosi pemasaran yang terus menerus. Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana efektivitas strategi lembaga perlu diubah atau di revisi. Tindak lanjut akan dilakukan jika ada kekurangan dalam hal strategi pemasaran lembaga, dan tindak lanjut akan dilakukan untuk implementasi pada tahun berikutnya.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Lembaga Pendidikan Islam

Published

12-10-2018

How to Cite

Turmudzi, I. (2018). STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MTS IHSANNIAT JOMBANG). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(2), 188-196. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/358

Issue

Section

Articles