PENGARUH MENAJEMEN KESISWAAN, MANAJEMEN SARANA PRASARANA DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA DEKAI KABUPATEN YAHUKIMO PAPUA

Authors

  • Nius Balingga Universitas Merdeka Malang

Keywords:

Menajemen Kesiswaan, Manajemen Sarana Prasarana, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa, SMA

Abstract

Penulisan hasil temuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam lagi terkait dengan manajen kesiswaan, pengelolaan setiap pasilitas sarana dan prasarana, serta setiap kerja guru yang berkontribusi dengan prestasi yang terdapat pada siswa SMA Negeri di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, baik secara gabungan maupun masing-masing. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Penentuan setiap sampel yang dilakukan dengan melalui teknik proportional random sampling, sehingga terkumpul 95 responden dari siswa SMA di Kota Dekai. Instrumen pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Proses analisis dengan uji regresi linear berganda. Uji secara bersama-sama menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan, sarana prasarana, dan kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dengan tingkat signifikansi 0,000 dan sumbangan pengaruh sebesar 57,1%. Uji secara terpisah memperlihatkan bahwa manajemen kesiswaan (sig. 0,000), sarana prasarana (sig. 0,001), dan kinerja guru (sig. 0,000) masing-masing memberikan pengaruh yang signifikan, sehingga pengelolaan kesiswaan yang baik, fasilitas yang memadai, dan kinerja guru yang maksimal mampu meningkatkan capaian prestasi belajar siswa.

References

Ananda, R., Nurpadila, N., Putri, D. K., & Putri, Z. J. (2023). Analisis Keterampilan Profesional Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6638-6646.

Apiyani, A. (2024). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Tahsinia, 5(3), 406-417.

Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana

Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201-210.

Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Motivasi, disiplin, lingkungan sekolah: Kunci prestasi belajar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 323-333.

Darim, A. (2020). Manajemen perilaku organisasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22-40.

Fachruddin, F., Amiruddin, A., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1443-1450.

Firdaus, C. C., Mauludyana, B. G., & Purwanti, K. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. PENSA, 2(1), 43-52.

Hairani, H., Widayatsih, T., & Edddy, S. (2024). Pengaruh Sarana Prasarana dan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 538-545.

Ihsanario, A., & Ridwan, A. (2021). Optimal feeding frequency on the growth performance of whiteleg shrimp (Litopenaeus vannamei) during grow-out phase. J Biol Sci Technology Manage, 3(1), 42-55.

Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Niâ, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh sarana prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa sd di sekolah indonesia den haag.

Downloads

Published

01-12-2025

How to Cite

Balingga, N. (2025). PENGARUH MENAJEMEN KESISWAAN, MANAJEMEN SARANA PRASARANA DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA DEKAI KABUPATEN YAHUKIMO PAPUA. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 10(2), 182–198. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/1030

Issue

Section

Articles