DARI INSTING KE PERHITUNGAN: PENERAPAN METODE FULL COSTING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PADA UMKM
Keywords:
Full Costing, Harga Jual, HPPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perhitungan harga pokok produksi dengan cara manual dan metode full costing sehingga diperoleh harga jual yang optimal. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, data diperoleh berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode full costing memberikan gambaran biaya produksi yang lebih komprehensif dibandingkan metode manual sederhana yang umum digunakan UMKM. Penelitian ini menambah bukti empiris bahwa pengabaian biaya overhead pabrik dapat menyebabkan distorsi informasi biaya dan menghasilkan penetapan harga jual yang kurang optimal. Secara praktis, hasil penelitian memberikan dorongan bagi UMKM, khususnya di sektor bakery, untuk melakukan perhitungan biaya produksi secara lebih akurat. Penelitian ini juga memberikan implikasi bagi pemerintah atau lembaga pendamping UMKM agar menyediakan pelatihan mengenai akuntansi biaya dan pencatatan biaya produksi agar UMKM dapat terus berkembang dan menjadi penopang perekonomian negara.
References
Amaliani, F., & Muliyani, M. (2024). The Effect of Fintech Adoption, Financial Literacy and Financial Management Behavior to MSME Performance in Medan. SEIKO: Journal of Management & …, 7(1), 1387–1401. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/download/6777/4553
Et.al, H. E., Mansir, F., Purnomo, H., Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., Sugiarto, B., Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., Faisal Akbar, M., Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., Ratnasari, I., Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, & Wulan Dari. (2021). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 12(1), 3672–3678. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
Khairunnisa, & Muliyani. (2024). SEIKO : Journal of Management & Business Analysis of the Implementation of Financial Accounting Standards for Micro , Small and Medium Entities in Preparing Medan MSME Financial Reports. 7(1), 1375–1386.
Lisnawati. (2023). Tantangan UMKM Di Tahun 2024. Isu Sepekan Bidang Ekkuinbang, Komisi VI DPR RI, 1–2.
Melati, L. S. A., Saputra, G., Najiah, F., & Asas, F. (2022). Calculation of the Cost of Production Based on the Full Costing Method for Determining the Selling Price of Products at CV. Silvi MN Paradilla Parengan. Riset & Jurnal Akuntansi, Vol.6 (1), 632–647.
Muliyani, Tanjung, A. A., & Nila. (2024). Peningkatan Kemampuan Mengelola Keuangan Pada UMKM dengan Menggunakan Aplikasi Berbasis Android. 217–228.
Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi. Salemba Empat.
Nur Aini, N., & Agustina, R. (2021). Analisis Harga Pokok Produksi Sebelum dan Sesudah Menggunakan Pendekatan Full Costing sebagai Penentu Harga Jual pada Pabrik Tahu CV Karya Perdana. JFAS : Journal of Finance and Accounting Studies, 3(3), 184–196. https://doi.org/10.33752/jfas.v3i3.330
Purba, J. H. V., Sudradjat, S., & Tobing, M. L. (2023). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Harga Pokok Penjualan Bagi Umkm Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.2342
Sinarwati, N. K., Sujana, E., & Herawati, N. T. (2019). Peran Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Mobile Bagi Peningkatan Kinerja Umkm. Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 26–32.
Sutikno, R. I., Alfaini, L. Z., & Syabrina, W. P. (2021). Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Konveksi Sucex Kaos Sumedang Jalan Sukatali Raya, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021, 1–4.
Tanjung, A. A., & Muliyani. (2021). Metodologi Penelitian. Sederhana, Ringkas, Padat, dan Mudah Dipahami (I). Scopindo Media Pustaka.
Ufmayza, D., & Muliyani, M. (2024). SEIKO : Journal of Management & Business Peran Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan dalam Meningkatkan Penggunaan Financial Technology pada. 7(1), 1420–1435.
Waicaksono, K. A., Hilmawan, T., Azie, M., Nafis, A., & Waicaksono, A. (2024). Analisis Harga Pokok Produksi dan Harga Jual pada UMKM Mie Gobyos. Nemr, 2(1), 7–17. https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 muliyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




