PENYUSUNAN INSTRUMEN PENGUKURAN EKSPEKTASI KONSUMEN RETAILER DI KOTA KUPANG

  • Stela Y. Sahetapy
  • Robert M. Noach
  • Pieter D. Samadara

Abstract

Persaingan usaha hampir merata di seluruh jenis usaha yang ada. Salah satu jenis usaha yang turut bersaing adalah pada industri perdagangan eceran (retailing). Jumlah penjual eceran (retailer) yang ada di kota Kupang saat ini menunjukkan peningkatan yang sangat luar biasa. Jumlah pengecer yang sangat banyak ini menyebabkan tingkat persaingan yang sangat tinggi untuk menarik pembeli berbelanja di tempat mereka. Untuk memenangkan persaingan, seorang pengecer membutuhkan strategi yang tepat. Strategi yang tepat harus menyesuaikan atau didasarkan pada apa yang diharapkan oleh konsumen terhadap retailer tersebut. Maka untuk itu diperlukan sebuah instrumen yang mampu mengukur ekpektasi konsumen tersebut. Instrumen yang dibutuhkan harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah, sehingga instrument tersebut dikatakan akurat.   Peneliltian ini bertujuan untuk membuat sebuah instrumen pengukuran ekspektasi konsumen terhadap retailer. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research development). Pengujian instrument menggunakan uji validitas melalui telaah pakar dan uji reliabilitas melalui uji coba. Hasil pengujian menunjukan bahwa instrumen pengukuran ekspektasi konsumen retailer dikota Kupang valid dan reliabel. Instrumen pengukuran ekspektasi konsumen retailer mampu mengukur apa yang hendak diukur secara tepat berdasarkan hasil pengujian validitas teoritik maupun empirik. Instrumen pengukuran juga menunjukkan hasil yang konsisten walau dilakukan berulang kali.   Kata Kunci: Ekspektasi konsumen, retailer, retailing.
Published
31-05-2019
Section
Articles