CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN MANAJEMEN LABA RELEVANSINYA ATAS AGRESIVITAS PAJAK (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

  • Raisa Fitri
  • Mulyaningtyas -

Abstract

Beberapa aturan tentang pajak juga berhubungan dengan tanggungjawab social perusahaan atau Corporate Social Responsibility(CSR). Tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responbility (CSR) pada dasarnya suatu bentuk tanggung jawab perusahaan untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat dan usaha pemerintah untuk meningkatkan regulasi terkait perpajakan. Sementara perusahaan memiliki kepentingan sosial yang di jelaskan dalam stakeholder theory dan adanya konflik kepentingan agen dan principal yang dijelaskan dalam agency theory menuntut perusahaan juga memiliki motivasi dalam menerapkan manajemen laba yang nantinya juga akan berhubungan dengan perencanaan pajak. Berdasarkan kondisi tersebut tujuan dari penelitian ini adalah Corporate Social Responbility (CSR) dan manajemen laba berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang termasuk ke dalam sektor tambang dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia serta melaporkan laporan keuangan pada tahun 2014-2017 dan yang mengungkapkan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR). Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda.   Kata Kunci: CSR, Pajak, Laba       Some rules about taxes also relate to Corporate Social Responsibility (CSR). Corporate Social Responsibility (CSR) is basically a form of corporate responsibility to be able to interact with the community and government efforts to improve regulations related to taxation. While companies that have social interests described in stakeholder theory and the conflicts of interests of agents and principals explained in agency theory require companies to also have motivation in applying earnings management which later will also be related to tax planning. Based on these conditions the purpose of this study is Corporate Social Responbility (CSR) and earnings management affect tax aggressiveness. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The samples used in this study are companies that are included in the mining sector and are listed on the Indonesia Stock Exchange and report financial reports for 2014-2017 and which disclose corporate social responsibility (CSR). ) The data analysis technique used is multiple regression.   Keywords: CSR, Tax, Profit
Published
23-12-2018
Section
Articles