PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI GENERIK PORTER PADA PEMBIAYAAN INDUSTRI MOBIL BEKAS ANTARA BANK PERKREDITAN RAKYAT DAN LEMBAGA FINANCE DI KOTA KUPANG

Authors

  • Robert M. Noach
  • Stela Y. Sahetapy
  • Pieter D. Samadara
  • Ridolof W. Batilmurik

Abstract

Abstrak

Persaingan industry penjualan mobil bekas roda empat (4) tersebut bukan saja dialami oleh pemilik usaha tetapi juga oleh lembaga perbankan dalam hal ini Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan lembaga-lembaga finance lainnya seperti MPM dan Adira. Strategi persaingan yang biasa dipakai oleh BPR maupun lembaga finance adalah dengan memilih salah satu model strategi yang dikembangkan oleh Micahel Porter atau yang dinamakan strategi Generic Porter. Strategi Generic Porter menekankan pada aspek; biaya rendah, diferensiasi dan focus.

Peneliltian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan Strategi Generic Porter pada pembiayaan industry mobil bekas antara BPR dan lembaga finance lainnya di Kota Kupang. Penelitian ini bersifat komparasi dan dilakukan dengan teknik analisis statistic komparasi dengan menggunakan Uji beda T test.

Hasil penelitian terhadap 100 responden yang menjadi nasabah yang menggunakan Jasa BPR maupun Lembaga Finance lainnya menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga finance dengan strategi diferensiasi yang dilakukan oleh BPR.

 

Abstract

The competition of four wheel drive sales industry (4) is not only experienced by business owners but also by banking institutions in this case Rural Bank (BPR) and other finance institutions such as MPM and Adira. Competition strategy commonly used by BPR and finance institutions is to choose one strategy model developed by Michaell Porter or so-called strategy Generic Porter. The Generic Porter strategy emphasizes aspects; low cost, differentiation and focus.

This research aims to compare the application of Generic Porter Strategy to the financing of used car industry between BPR and other finance institutions in Kupang City. This study is comparative and done by comparative statistical analysis using T-test different test.

The results of research on 100 respondents who become customers using BPR or other Finance Institution shows that there is a significant difference between financing strategies undertaken by financial institutions with differentiation strategies undertaken by BPR.

 

Kata Kunci: Strategi, Generik Porter, Diferensiasi, Bunga rendah, BPR dan Lembaga Finance

Published

05-07-2018

Issue

Section

Articles