DAMPAK DAYA BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEBEL DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Daya beli, Keputusan Pembelian, Pandemi Covid-19Abstract
Di masa pandemi, situasi perekonomian memburuk dan daya beli masyarakat melemah secara signifikan. Hal ini dikarenakan konsumen biasanya memilih produk yang diinginkan berdasarkan kualitas produk dan harga. Berdasarkan hal tersebut, para pengusaha industri mebel harus memperhatikan daya beli konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif, besar sampel penelitian adalah 83 responden dengan metode sampling jenuh dan pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh utama daya beli konsumen terhadap keputusan pembelian mebel di CV.Karunia Mebel pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai T hitung sebesar 1.843 dan nilai signifikansi 0,001. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai adjust r square sebesar 0,855. Walaupun 15% tersebut merupakan pengaruh faktor lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini, namun angka tersebut menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu hal yang mempengaruhi keputusan pembelian di Cv.Karunia mebel. Hal ini mempunyai pengaruh terhadap daya beli dalam keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seberapa penting daya beli dalam keputusan pembelian konsumen terhadap produk mebel yaitu, semakin besar daya beli konsumen, maka semakin tinggi pula tingkat keputusan pembeliannya dan sebaliknya.
References
Al-Azzam, & Al-Mizzed. (2021). The Effect of Digital Marketing on Purchashing Decisions: A Case Study In Jordan. Jounal of Asian Finance Economic and Bussines, 8 (5), 45-60.
Basu, S., & Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Fakhri, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Reviewe), 11 (3), 40-40.
Ghozali, & Ratmono. (2017). Aplikasi Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviesw 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Jakarta: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hendri, S., Jajang, S. Z., & Wita, R. (2022). Daya Beli Kaitannya Dengan Keputusan Pembelian Smaertphone Pada Agung Celullar Ciawi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4 (1), 21-31.
Imam, K., & Ani, S. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 4 (1), 21-31.
Klotter, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kottler, & Amstrong. (2012). Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Kottler, & Amstrong. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 15. Jakarta: Erlangga.
Mugabi, & Obuba. (2021). Effect of Consumer Purcahing Power on Buying Preferences in Shopping Malls in Kenya : A Case Study of Nauru Country. Jurnal IRA International Journal of Management and Sosial Scientes, 17 (1), 31-40.
Mukti, M. Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2 (1), 20-30.
Sugiono. (2018). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALABETA.
Sugiono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Supawi, P. (2016). Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis. Surakarta: UNIBA
