Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di BEI

Penulis

  • Ika Candra Dewi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Fadilla Cahyaningtyas Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.51289/peta.v7i2.561

Kata Kunci:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Corporate Social Responsibility, Makanan dan Minuman

Abstrak

Salah satu bidang industri yang mengungkapkan CSR adalah perusahaan makanan0 dan minuman. Saat ini banyak perusahaan 0makanan dan minuman00yang berlomba-lomba untuk memperbaiki dan menciptakan produk makanan dan minuman yang baru, dari yang sudah ada dikembangkan menjadi lebih unik dan variatif hingga menciptakan produk yang belum pernah ada. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas tehadap CSR. Populasi penelitian adalah perusahaan0 makanan0 dan minuman0 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018-2020 dengan jumlah populasi sebanyak 30 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga mendapatkan sampel sebanyak 15 perusahaan. Data penelitian adalah data sekunder. Metode analisis 0data penelitian0 menggunakan analisis regresi linier berganda0 dengan menggunakan0 uji asumsi klasik dan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap CSR, sedangkan profitabilitas 0likuiditas tidak 0berpengaruh terhadap CSR.

Referensi

Aulia, R. dan Wulandari, T. (2019). Problematika Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Penerapannya di Indonesia. Diunduh September 5, 2019,

from https://www.kompasiana.com/riizkaulia/5d15c4b20d82307c9b0beaf2/problematika-corporate-social-responsibility-csr-dalam-penerapannya-di-indonesia?page=all

Andrayani, Devi. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclsure. Disertasi tidak dipublikasikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Arita, Enny. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018. LPPM UMSB Vol. XIII No. 10

Anggraini, Dewi. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Management & Accounting Expose. Vol. 2 No. 1

Bahri, Syaiful. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Lengkap dengan Teknik Pengolahan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Disemadi, Hari Sutra. (2020). Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Strategi Hukum dalam Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Fakultas Hukum Vol. 4 No. 1. Hlm. 1-16

Ernawan, E. R. (2014). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social

Responsibility). Jurnal Manajemendan Bisnis, Vol. XI No. 2.

Faidah, Akhmada. (2020). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2018. E-JRA Vol. 09 No. 06

Hardianti, Dwi Citra. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE UN PGRI Kediri Vol. 5 No. 1

Muslichah dan Bahri, Syaiful. (2021). Akuntansi Manajemen Teori dan Aplikasi. Bogor: Penerbit Mitra Wacana Media

Nurdiwaty, Diah. (2021). Menguji Pengaruh Rasio Keuangan Perusahaan Terhadap Financial Distress. Jurnal Peta Vol. 6 No. 2

Putri, Rindu Kurnia. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2012-2014. JOM Fekom Vol. 4 No. 1

Ruroh, Ivon Nurmas. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2016. Jurnal Akademi Akuntansi Vol. 1 No. 1

Rofiqkoh, E. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 5 No. 10

Saragih, Afni Eliana. (2019). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimiayang Terdaftar Di BEI. JRAK — Vol. 5 No. 2

Sahla, Widya Ais. (2016). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Berdasarkan Gbal Reporting Initiative (GRI-G4) pada Perbankan Indonesia. Jurnal INTEKNA. Vol. 16 No. 2

Setiawan, Temy. (2021). Karakteristik Perusahaan, Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Journal of Business & Appllied Management. Vol. 14 No. 1

Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Wasito, Gagat Agus. (2016). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 18 No. 1. Hlm. 1-10

Wasito, Gagat Agus. (2016). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 18 No. 1

Yanti, Ni Kadek Ayu Giri. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 17 No. 3

##submission.downloads##

Diterbitkan

28-07-2022

Cara Mengutip

Candra Dewi, I. dan Fadilla Cahyaningtyas (2022) “Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di BEI”, Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA). Blitar, Indonesia, 7(2), hlm. 179–189. doi: 10.51289/peta.v7i2.561.

Terbitan

Bagian

Articles