Kepatuhan Perpajakan Dari Pelaku E-Commerce (Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Kristen Krida Wacana)

Authors

  • Febriani Cristina Susianti Magdalena Universitas Kristen Krida Wacana
  • Diana Frederica Universitas Kristen Krida Wacana

DOI:

https://doi.org/10.51289/peta.v6i1.471

Keywords:

Perpajakan, Kepatuhan, E-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepatuhan pelaku e-commerce dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya saat sebelum dan setelah adanya ketentuan pajak khusus yang mengatur mengenai industri e-commerce. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen kepada 25 orang mahasiswa akuntansi di Universitas Kristen Krida Wacana, dengan menggunakan uji Wilcoxon, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak pelaku e-commerce dalam membayar pajak setelah adanya ketentuan pajak khusus untuk industri e-commerce dibandingkan sebelum diberlakukannya ketentuan tersebut. Kepatuhan pelaku e-commerce akan semakin meningkat saat sudah ada kejelasan mengenai ketentuan pajak khusus industri e-commerce ini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi pemerintah, pelaku e-commerce dan akademisi mengenai pentingnya kebijakan perpajakan yang jelas untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

References

Afriyadi, Achmad Dwi. 2016, “Asosiasi E–Commerce Minta Kejelasan Aturan Pajak”. Artikel online http://bisnis.liputan6.com, diakses pada tanggal 3 April 2017.

Fauzi, Yuli Yanna. 2016, “Aturan Pajak E-commerce Ditargetkan Rampung Pertengahan 2017” Artikel online http://www.cnnindonesia.com, diakses pada tanggal 3 April 2017.

Herdiana, Aulia Fitri. 2017, “Karena E-commerce, Sektor Pajak Disebut Kehilangan Sebesar Ini”. Artikel online http://www.jatim.tribunnews.com, diakses pada tanggal 28 Juni 2017.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), 2015, “Indonesia akan Menjadi Pemain Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Artikel Online https://kominfo.go.id, diakses pada tanggal 3 April 2017.

Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor Kep-550/PJ/2000 Tentang Tata Cara Penetapan Wajib Pajak yang Memenuhi Kriteria Tertentu dan Penyelesaian Permohonan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak Dalam Rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak.

Klaudia, et al. 2017. Menggali Realitas Kepatuhan wajib pajak pemilik UMKM. Jurnal Penelitian Teori dan Terapan Akuntansi (PETA). Vol 2 No 1.

Scheneider, Gary P. 2011. Electronic Commerce 9th Edition. Massachusetts: Cengage Learning.

Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak Nomor SE-62/PJ/2013 tentang Penegasan Ketentuan Perpajakan atas Transaksi E – Commerce.

Undang–Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2009 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang Dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Published

29-01-2021

How to Cite

Magdalena, F. C. S., & Frederica, D. (2021). Kepatuhan Perpajakan Dari Pelaku E-Commerce (Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Kristen Krida Wacana). Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 6(1), 52-61. https://doi.org/10.51289/peta.v6i1.471