EVALUASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS DOKO
Keywords:
kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasanAbstract
Penelitian ini dilakuan demi mengkaji apakah terdapat dari pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Doko Kabupaten Blitar. Sampel penelitian yang digunakan adalah pasien Puskesmas Doko. Sampel yang dipergunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode accidental sampling dengan pendekatan spontanitas. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menghasilkan jika secara parsial berpengaruh positif kepada variabel kualitas pelayanan terkadap variabel kepuasan diperoleh nilai sebesar 3.519 (sig 0.001) sedangkan pengaruh variabel kepercayaan terhadap kepuasan diperoleh nilai sebesar 5.910 (sig 0.000) dan secara simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan diperoleh nilai sebesar 17.386. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan serta kepercayaan memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Doko Kabupaten Blitar, secara terpisah ataupun bersama-sama.
References
Armstrong, & Kotler. (2015). Marketing An Introducing Prentice Hall Twelfth Edition. Pearson Education, Inc.
Christopher, Lovelock, & Lauren, W. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. PT. INDEKS.
Dinik, R. (2008). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Brimgin Kabupaten Semarang.
Gurviesz & Korchia, 2011. Marketing fields forever. Liverpool: Kingston Business School.
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Erlangga.
Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran (edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Ns. Dedi Fatrida., M. K., Ns. Didi Yunaspi., M. K., Suryani, N. U., M.Kep., S. K. ., & Ns. Yola Yolanda., M. K. (2023). Strategi Pelayanan Keperawatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien. Penerbit Adab.
Organization, W.-W. H. (2016). The world health report 2016: Research for universal health coverage. World Health Organization Press.
Rianse, U., & Abdi. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Sinambela, L. P. (2006). Reformasi pelayanan publik. Bumi Aksara.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.