PELAYANAN BERKUALITAS, PELANGGAN PUAS: STUDI DI RUMAH MAKAN BU PIPIT
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Rumah Makan Bu PipitAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi dampak yang timbul akibat kualitas layanan terhadap kepuasan para pelanggan yang datang ke Rumah Makan Bu Pipit di Kota Blitar. Pada penelitian ini, metode yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif dan kausal dalam penelitian kuantitatif, dengan mengambil sampel 80 responden melalui penyebaran kuesioner. Variabel yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, yang dinilai melalui berbagai aspek seperti tangibilitas, kehandalan, responsivitas, jaminan, dan empati. Sebagai konsekuensinya, kepuasan pelanggan menjadi variabel yang akan diamati dalam penelitian ini. Dari hasil analisis yang dilakukan, terbukti bahwa kualitas pelayanan berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan nilai regresi linear sederhana mencapai 0,568 dan tingkat signifikansi mencapai 0,000. Menunjukkan bahwa semakin berkualitas pelayanan yang disajikan, semakin besar kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya pelayanan berkualitas dalam membentuk kesetiaan pelanggan, terutama di industri kuliner. Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh Rumah Makan Bu Pipit untuk meningkatkan kualitas layanan, seperti kebersihan, kecepatan, dan keramahan kepada pelanggan. Harapannya adalah penelitian ini dapat memberikan inspirasi kepada pengelola bisnis kuliner lainnya dalam merumuskan strategi pelayanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan.
References
Abdullah, A., & Tantri, T. (2019). Kualitas layanan dan kepuasan pelanggan: Tinjauan empiris. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 99-110.
Achmad, E. R. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan: Studi kasus Vespa box kota Malang. Jurnal Penelitian Pemasaran, 11(2), 89-98.
Herlin, H. (2021). Uji T untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel secara individu. Jurnal Penelitian Manajemen, 10(2), 45-59.
Tombeng. (2019) pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan raja oci. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntasi, 7(1),891-900
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.PUSTAKA
Wulandari, F. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen rumah makan ayam penyet Jogja. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 67-
Woroitkan, A. L., Massie, J. D. D., & Tawas, H. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas masakan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan ada rumah makan ikan bakar kinamang. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 9(3), 45-58.
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., Gremler, D.D. (2018). Service marketing (5th ed.). Singapore: The McGraw-Hill Companies, Inc.