MENGAPA MAHASISWA MEMILIH IPHONE? PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND IMAGE

Authors

  • Liensuy Dasma Ompusunggu STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

Gaya Hidup, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

IPhone merupakan produk unggul dari perusahaan apple yang selalu dicari oleh konsumen dalam mengikuti tren smarphone saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, citra merek terhadap keputusan pembelian produk iPhone studi kasus pada mahasiswa STIEKEN. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa STIEKEN Blitar dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden, teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menggunakan seluruh anggota populasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, secara simultan variabel gaya hidup dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian diketahui bahwa yang memiliki rata-rata tertinggi adalah variabel gaya hidup, maka yang dapat disarankan adalah mempertahankan strategi gaya hidup agar lebih meningkatkan keputusan pembelian. Untuk itu perlu adanya upaya untuk mendorong tetap terjaganya kondisi yang ada saat ini, agar tetap bertahan dan bahkan ditingkatkan lagi sistem manajemennya lebih utama agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Dan hasil persepsi yang memiliki rata-rata rendah adalah variabel citra merek, maka yang dapat disarankan adalah lebih ditingkatkan strategi citra merek agar lebih meningkatkan keputusan pembelian.

References

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Badjamal, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung Di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Trend, 7 no 2, 10.

Exstrada, W. (2020). Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian IPhone Pada Mahasiswa. Jurnal Imiah Psikologi, 8 no 4, 8.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran. Bandung: Erlangga.

Latief, R. (2021). Jurnalistik Sinematografi. Jakarta: Prenada Media.

Limakrisna, Nanda, & P. T. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rahmi, L. S., Cholifah, & Fattah, A. (2017). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent Pada Masyarakat Di Desa Jeruk Gamping Krian. Jurnal Manajemen Branckmark, 3 no 3(2017).

Septiano, R. (2022). Pengaruh Citra merek, IP, Dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian smartphone. Jurnal Inovasi Penelitian vol.2 no.9.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi, F. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone. Cakrawala Repositori IMWI, 3(1), 1-10.

Sopiah, D., & Sangadji, E. M. (2017). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Warasto, H (2018). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian. Jurnal lmiah semarak, 1 no 1, 1-12.

Wolff, M. (2021). Pengaruh gaya hidup, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian merek iPhone pada kaum perempuan milenial di kecamatan tahuna. Jurnal EMBA vol.10 no.1

Downloads

Published

24-07-2025

How to Cite

Ompusunggu, L. D. (2025). MENGAPA MAHASISWA MEMILIH IPHONE? PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND IMAGE. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 7(3), 219–229. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/984

Issue

Section

Articles