MENAKAR KEPUASAN KONSUMEN DARI KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN: STUDI DI RUMAH SABLON SAESTU57
Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Penting bagi pemasar untuk mengetahui dan memperhatikan faktor-faktor yang memicu kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis apakah kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada SAESTU57. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk SAESTU57 yang jumlahnya tidak diketahui atau tidak pasti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan menggunakan metode accidental sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t dan uji-f. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen pada SAESTU57. Berdasarkan hasil penelitan, perlunya peningkatan kualitas produk dan layanan SAESTU57 sehingga konsumen merasa puas saat melakukan pembelian.
References
Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Nusa Media.
Arianty. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.
Erpurini. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen Lazada.
Firmansyah. (2019). Perilaku Konsuemen (Sikap Dan Pemasaran). Surabaya: CV. Qiara Media.
Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed). Semarang: Universitas Diponegoro.
Hidayat. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee shop di Kota Gresik.
Ibrahim, & Marijam. ((2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Indrasari. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Pengiriman Barang PT. Pos Indonesia Cabang Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing management. England: Pearson.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. Edisi ke 15. Penerbit Pearson Education Limited.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta.: Erlangga.
Purwanti. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School of English for Children di Bandung.
Ratnasari, & Lesmana. (2019). Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa.
Rocmat, & Purnomo. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. WADE GROUP bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press.
Sangadji, Sopiah, & Etta. (2016). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis, disertai, himpunan, jurnal, penelitian. Yogyakarta: CV. Andi.
Santoso. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun).
Silaen. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis (Revisi). Bogor: Penerbit in media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsimi, & Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, & Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Jakarta.: Rineka Cipta.
Sujarweni, & Wiratna. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Suryadi, & Arinawati. (2021). Penataan Produk (C3) Kompetensi Keahlian Daring dan Pemasaran. Grasindo.
Tjiptono. F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Yuri, & Rahmat. (2015). TQM Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: PT Indeks