PENGARUH KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL VARIA JATI MANDIRI

Authors

  • Delfiero Satria Anggara STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Industri mebel memainkan peran krusial dalam menopang perekonomian suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada mebel Varia Jati Mandiri. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk mebel Varia Jati Mandiri yang jumlahnya tidak diketahui atau tidak pasti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan menerapkan teknik non-probability sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t dan uji-f. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian pada mebel Varia Jati Mandiri. Berdasarkan hasil penelitan, perlunya peningkatan kualitas produk Varia Jati Mandiri sehingga konsumen merasa puas saat melakukan pembelian

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arinawati, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan Produk (C3) Kompetensi Keahlian: Daring dan Pemasaran. Jakarta: Grasindo.

Eldawati, S., Bakkareng, & Delvianti. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture (Studi Kasus Pada CV. Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan). Jurnal Matua, 4 (1), 39-52.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran produk dan merek. Jakarta: CV. Penerbit Qiara Media.

Geovany, N., Gabriel, L., & Katherine , A. (2021). The influence of price and availability on university millennials’ organic food product purchase intention. British Food Journal.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasasri, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath Zumar.

Noviyanti , I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 4 (1), 43-54.

Septiani, M. R., & Hastuti, M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dimsum Ratu Kalidawir Tulungagung. Jurnal Economina, 2 (8), 2103-2113.

Soliha, E., & Adi, H. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk. Word Of Mouth, dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Mebel di Semarang. Jurnal Mirai Manajemen, 7 (1), 157-168.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran, Edisi Ke-4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Widarjono. (2015). Analisis Multivariat Terapan: Dengan program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

28-04-2025

How to Cite

Anggara, D. S. (2025). PENGARUH KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL VARIA JATI MANDIRI. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 7(2), 110–118. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/938

Issue

Section

Articles