STRATEGI PEMASARAN PADA UD. ANDALAN BLITAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SEAL TAPE
Keywords:
SWOT, volume penjualan, IFAS, EFASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan strategi pemasaran menggunakan analisi SWOT guna meningkatkan volume penjualan perusahaan seal tape pada UD. Andalan Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu penilian yang menggambarkan variabel yang didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilakan dari penyebaran kuesioner kepada responden. Penelitian ini dikakukan pada seluruh karyawan dan reseller di UD. Andalan Blitar dengan jumlah sampel 40 responden, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif internal dan eksternal menggunakan matriks IFAS dan EFAS serta menentukan posisi perusahaan dengan menggunakan diagram dan matriks analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Andalan Blitar masih berpotensi dalam memasarkan produknya karena masih memiliki peluang dan juga didukung dengan kekuatan yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis IFAS dengan total skor 2,76 diperoleh hasil bahwa S>W (1,92>0,92) hal ini menunjukkan bahwa kekuatan lebih besar dari pada kelemahan yang dimiliki. Sedangkan dari analisis EFAS hasil total skor 2,52 diperoleh bahwa O>T (1,84>0,68) hal ini menunjukkan bahwa peluang lebih besar dari pada ancaman, sehingga diperoleh bahw S dan O memiliki skor tertinggi di masing-masing faktor. S berupa kekuatan sebesar 1,92 dan O berupa peluang sebesar 1,84. Posisi perusahaan jika dilihat dari diagram SWOT strategi S dan O terketak pada kuadran I yaitu strategi agresif, dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang ada
References
Abdurahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. CV. Pustaka Setia. Bandung.
Amir, Taufiq. 2012. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Anggraeni, Pratiwi, Sunarti, M. Kholid Mawardi. 2017. Analisis SWOT Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Dayasaing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)/Vol. 43/No. 1/Februari 2017.
Arda, Mutia., Dewi Andriany, Yayuk Hayulina Manurung. 2020. Analisis SWOTdalam Menentukan Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kota Medan. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Administrasi (KNEMA), 4(2), 1-14.
Assauri, Sofyan. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. Cetakan ke sembilan. Raja Grafindo. Jakarta.
Assauri, Sofyan. 2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.
Basu, Swastha dan Irawan. 2014. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.
Dewi, Sayu Ketut Sutrisna. 2017. Konsep Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia. Deepublish. Yogyakarta.
Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi. Alfabeta. Bandung.
Gitosudarmo, Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta
Kavitha, N. V dan N. Suma Reddy. 2016. Buuz Marketing- SWOT Analysis. International Journal of Innovative Research & Development.
Kotler, Plilip dan Amstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. Edisi 14. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. Edisi 15. Erlangga. Jakarta.
Kusbandono, Danu. 2019. Analisis SWOT Sebagai Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Studi Kasus Pada UD. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM)/Vol. 4/No. 3/Juni 2019.
Laksana, Muhammad Fajar. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Khalifah Mediatama. Depok.
Limakrisna, Nandan dan Purba, Togi Parulian. 2017. Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis). Edisi 2. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajmen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Muhammad, Munawir. 2018. Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Tani Buah Naga Merah (Hylocereus costericensis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Agribisnis Perikanan/Vol. 9/No. 1/Mei 2018.
Nawawi, Hadar. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah KAsusu Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2013. Srategi Promosi yang kreatif &Aanalisis kasus – Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia. Jakarta.
Sedarmiyanti. 2014. Manajemen Strategi, PT. Refika Aditama. Bandung.
Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis: Teori dan Contoh Kasus. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet. Bandung.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet. Bandung.
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. CAPS (Center of Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Suprajang, Sandi Eka dan Turmudzi, Imam. 2021. Kewirausahaan Di Era Disrupsi. Indomedia Pustaka. Sidoarjo
Tjiptono, Fandi dan Diana, Anastasia. 2020. Pemasaran. Edisi I. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Wheelen, L. Thomas dan Hunger, D. J. 2012. Strategic Management and Bussines Policy. 13th Edition. United States of America: Pearson.
