EVALUASI EFEKTIVITAS PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI UD. JIONO MOTOR BLITAR
Keywords:
Efektivitas, Promosi, PenjualanAbstract
UD. Jiono Motor Blitar, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli sepeda motor dengan berbagai merek, menghadapi tantangan dalam bersaing di pasar akibat kurangnya promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap penjualan di UD. Jiono Motor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 629 dan sampel 40 responden yang diambil secara acak. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki deviasi standar sebesar 4,855, sedangkan penjualan memiliki deviasi standar sebesar 2,184. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal, uji multikolinearitas menunjukkan tidak ada masalah multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas menunjukkan adanya homoskedastisitas. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap penjualan dengan persamaan regresi Y = 51,345 + 0,224X. Uji t dan uji F membuktikan bahwa promosi secara signifikan mempengaruhi penjualan di UD. Jiono Motor. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa peningkatan promosi dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa promosi yang lebih efektif dapat meningkatkan penjualan di UD. Jiono Motor.
References
As’ari, Farid Eko. 2017. Analisis Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT. Aves Blitar. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara Blitar.
Azizah, Lisa Nur, 2016. Meningkatkan Volume Penjualan Melalui Optimalisasi Promosi dan Saluran Distribusi pada UD. Salwa Bakery Durenan Trenggalek.
Daryanto, 2011. Manajemen pemasaran, Satu Nusa: Bandung.
Hamidah, Irmayanti, 2014. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Motor Merk Honda Tipe Vario Studi Kasus Pada PT. Mintra Pinasthika Mustika. Tbk. Skripsi. Blitar: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara.
Kotler, Philip, 1993. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan pengendalian jilid 1. Terjemahan jaka wasana, Jakarta, Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas. Erlangga: Jakarta.
Shimp, Terance A, 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Terjemahan Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari, Jakarta, Erlangga.
Shrestha, Ajan, 2015. Effects Of Sales Promotion On Purchasing Decion Of Customer A Case Study Of Baskin Robbins Ice-Cream Franchise Thailand.
Staton, Wiliam J, 1984. Prinsip Pemasaran jilid 2, Terjemahan Sadu Sundaru dan Gunawan Hutauruk, Jakarta, Erlangga
Suprajang, Sandi Eka dan Imam Turmudzi. 2021. Kewirausahaan Di Era Disrupsi, Edisi pertama, sidoarjo: Indomedia Pustaka
Swastha, Basu, 2002. Azas-azas Marketing Edisi III, Yogyakarta, Liberty. 1990. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta, Liberty.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi 1. BPFE: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi pemasaran, Yogyakarta, ndi Offset. 1969.
Utami, Dwi,, 2011. Analisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Tiket Pada PT. Maniela Tour & Travel. Makasar: Universitas Hasanudin.
Yulia Indah, 2016. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen Dirental Antika DVD dan VCD kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
