KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK SINGKONG MEKAR WANGI: PERAN KUALITAS PRODUK DAN HARGA DI DESA NGAGLIK BLITAR
Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kerupuk singkong Mekar Wangi. Penelitian ini dilakukan pada konsumen kerupuk singkong Mekar Wangi dengan jumlah sampel responden, menggunakan teknik pengambilan sampel acak berupa kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga lebih berpengaruh secara signifikan dan positif dibandingkan variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Namun, kedua variabel tersebut berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan pengujian data yang telah dilakukan, perlu adanya upaya dalam peningkatan kualitas produk pada usaha kerupuk singkong Mekar Wangi pada industri rumahan di Desa Ngaglik agar kedepannya dapat lebih meningkatkan penjualan.
References
Arianto, N., & Giovanni, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12.
Arifin, I. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti Pada Cv. Prima Sari Bakery Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Andi. Yogyakarta.
Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum Kabupaten Aceh Barat Daya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(01).
Hosang, N. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).
Jannah, M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen DhapuKupi Di Banda Aceh. Doctoral dissertation. UIN AR-RANIRY.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lupiyoadi, Rambat. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.
Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.
Noor, F., & Utari, W. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Pt. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(4),581594.
PERANGIN-ANGIN, A. P. (2019). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Sepeda Motor Honda Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Ud. Saribudolocsk Motor) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Setyawati, W. A., Rifa'i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan citra institusi terhadap kepuasan pasien. Madani jurnal politik dan sosial kemasyarakatan, 10(2), 50-63.
Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 87-94.
Tjiptono F., Anastasia D. (2020) Pemasaran. Penerbit Andi Yogyakarta.
