ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN HIAS KOI DI ASTRO BLITAR KOI

Authors

  • Afiza Artamevia Juninda STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Setiap perusahaan memiliki tujuan dalam berbisnis yaitu memperoleh keuntungan dan suatu perusahaan pasti berharap semua konsumen puas dengan pelayanan maupun produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Perusahaan melakukan perbaikan dalam harga dan kualitas produk guna meningkatkan keputusan pembelian sehingga tercapai tujuan yaitu menjadi Astro Blitar Koi yang mampu membangun pemasaran, dan memberikan pelayanan terbaik, sehingga menjadi perusahaan yang mempunyai reputasi terpercaya di bidangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Ikan Hias Koi di Astro Blitar Koi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh konsumen yang membeli produk Ikan Hias Koi di Astro Blitar Koi. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan hasil sebesar 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t, uji-F, dan uji R2. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Ikan Hias Koi di Astro Blitar Koi.

References

A Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ajija, Shochrul R. dkk. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Salemba Empat. Jakarta

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Amstrong, Gary. dan Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Assauri, Sofjan. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Djarwanto dan Subagyo, Pangestu. (2005). Statistik Induktif. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset: Yogyakarta.

____________. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Hendra Fure, (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Traditional Bersehati Calaca, Jurnal EMBA, 1(3).

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

_____, Phillip dan Kevin L. K.. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kristian, D., & Widayanti, R. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada mahasiswa kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis.

Nurdiansyah, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas Di Bandar Lampung.

Rofiq Rizki, A. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

29-04-2024

How to Cite

Juninda, A. A. . (2024). ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN HIAS KOI DI ASTRO BLITAR KOI. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 6(2), 190–200. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/822

Issue

Section

Articles