DAMPAK CITRA YAYASAN DAN FASILITAS PADA KEPUASAN ANAK DI YAYASAN PELITA KASIH
Keywords:
Citra, Fasilitas, KepuasanAbstract
Yayasan merupakan sebuah badan hukum yang bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. Yayasan ini sifatnya tidak memiliki anggota. Dari tujuannya yayasan di bentuk tidak mencari profit atau keuntungan. Penelitian ini terdiri dari variabel citra, fasilitas dan kepuasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh citra yayasan dan fasilitas yayasan terhadap kepuasan anak di yayasan “Pelita Kasih”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak yang berada di kelompok usia 15-19 Tahun. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 49 responden menggunakan metode cluster sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil dari analisis regresi linier berganda bahwa hasil Uji T diketahui Thitung = 2.495 dan 3.288 dan hasil signifikansi 0.016 dan 0.002, hal ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, kemudian untuk Uji F sebesar 21.658 dengan sig 0.000 yang berarti terdapat pengaruh Citra dan fasilitas terhadap kepuasan anak. Hasil Uji Determinasi menunjukkan nilai Adjust R Square 0.469 yang berarti bahwa citra dan fasilitas secara simultan terhadap kepuasan anak adalah 43.3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lainnya sebesar 53.7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan semakin baik citra dan failitas yang diberikan pada Yayasan IO-0792 Desa Sumberjo, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan anak.
References
Asmoro, Setiawan Rano, 2020. Pengaruh Fasilitas Pelayanan, Biaya Sekolah dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Sekolah Bodhi. Skripsi. Diterbitkan.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, Syaiful.2018. Metode Penelitian Bisnis – Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta: Andi.
Barnawi. & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hartati, Novika Ayu .2018. Pengaruh Citra Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Bunayya Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa Yayasan Pendidikan Islam Al-Munawwarah Murid Medan.Skripsi. diterbitkan.
Haryanti. Ayuni. Tri. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, Dan Emosional Terhadap Kepauasan Peserta Didik Kelas Xi Di Smk Taman Siswa Banjarnegara. Skripsi. Diterbitkan
Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, dan Amstrong. (2019). Manajemen Pemasaran. Banjarmasin: Grup Penerbitan CV Budi Utama
Napitupulu. Ir. Sabar, dkk. 2021. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Atalya Rileni Sudeco
Paseleg Mila, Triwijayanti Nobilta, dan Herry Sanoto.2022. Pengaruh Kulaitas Layanan Pendidikan, Budata Sekolah, Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 12 No.01
Permatasari, Intan. 2016. Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Tk Perguruan Kristen Menthodist Indonesia Permatangsiantar. Issn : 2502-4434, Vol.2, No.1
Subakti, H., Putranti, E. C., Hudzafidah, K., Yuliana, R., Musyarofah, S., Alfiyah, S., ... & Amalo, F. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Media Sains Indonesia.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung. ALFABETA
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : CV. Alfabeta.
Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang SINDIKNAS
Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen Pemasaran .Jakarta : Gramedia Cawang.