PERAN PROMOSI DAN CITRA DESTINASI DALAM PENGALAMAN BERKUNJUNG
Keywords:
Promosi, Citra Destinasi, Kepuasan BerkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi dan citra destinasi terhadap kepuasan berkunjung di Istana Sakura blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kantitatif dan data itu diolah menggunakan bantuan aplikasi spss. Sampel dalam penelitian ini yaitu 92 orang dengan metode analisis data yang digunakan adalah dengan Statistic deskriptif, Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) Promosi tidak berpengaruh secara maksimal terhadap kepuasan berkunjung. Hal ini membuktikan jika, kepuasan berkunjung tidak dapat di capai hanya dengan menggunkan promosi, dikarenakan promosi ialah sarana untuk meningkatkan pengunjung agar datang ke tempat wisata. (2) Berdasarkan pada hasil penelitian, citra destinasi berpengaruh terhadap kepuasan berkunjung. Citra destinasi merupakan gambaran suatu tempat wisata maka dapat disimpulkan bahwa jika citra yang dibuat sesuai dengan yang konsumen bayangkan maka kepuasan berkunjung yang diinginkan akan tercapai. (3) Berdasarkan pada hasil penelitian, promosi dan citra destinasi secara simultan dapat mempengaruhi kepuasan berkunjung. Artinya jika promosi dan citra destinasi dapat dijalankan secara bersamaan, maka hal tersebut akan memiliki pengaruh kepada kepuasan berkunjung. Dengan melakukan promosi dan memperkuat citra dari destinasi Wisata Istana Sakura, maka wisatawan yang berkunjung pastinya akan merasa puas pada kunjungannya, karena istana akura berhasil memenuhi ekspektasi mereka.
References
Adinegara,G. 2021. Anteseden dan Konsekuensi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung ke Bali. Yogyakarta: Deepublish.
Ahmad Ab. 2018. Pengaruh Citra Destinasi terhadap Intensi Wisatawan Berkunjung Kembali di Destinasi Sulawesi Selatan Tahun 2014. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora 20(3) 207-214.
Alma,B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Aviolitasona, Gheraldin Bella. (2017). Pengaruh Citra Destinasi terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu. Skripsi.
Bahri, S. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.
Coban, S. 2012. “The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia”. European Journal of Sosial Science, 29(2): 222-232.
Eddyono, F. 2021. Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Elvera. 2020. Pemasaran Pariwisata: Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan. Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka.
Fatihudin, Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Gunawan. 2016. Manajemen Pemasaran Lanjutan. Bogor: IPB Bogor.
Hasan A. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS (Centre For Academic Publising Service).
Hanif, Arsya, Andriani K, dan Kholid M. 2016. Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 38 No. 1 (September), 44-52.
Hernawati N, Widyawati N. 2019. Pengaruh Penjualan Perorangan, Pemasaran Langsung terhadap Keputusan Pembelian Produk Granit pada PT. Garuda Graha Indah. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 8(6) 1-15.
Ina Ratnasari dan Daffa Katon Van. 2022. Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatwan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmah Wahana Pendidikan, Vol. 8 No.1 (Januari) 362-372.
Jasmalinda. 2021. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian 1(10) 2199-2205.
Jayusman I dkk. 2020. Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak 7 (1) 13-20.
Jonh, S. H., Putra, Iwan Setya., & Klaudia, S. (2023). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Sebagai Variabel Mediasi. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(3), 153 - 166. https://doi.org/10.32938/ie.v5i3.5259
Judisseno, R. (2019). Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marchi V, Raschi A. 2022. Measurinh destination image of an Italian island: An analysis of online content generated by local operators and tourists. Florence, Italia.
Ma'nunah, Z., Maheni, I., Pawestri, W. 2022. Pengaruh Citra Destinasi, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Dira Swimming Pool Ambulu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, Vol 20 No. 1 (Mei) 1-10.
Ningsih Y.P, Hati S.W. 2017. Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Accu Yuasa yang Dipromosikan Distributor PT Riau Indotama Abadi di Batam. Jurnal Of Business Administration 1(1) 10- 18.
Nurcahyo B. 2018. Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word Of Mouth (WOM) pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusamba 3(1) 14-29.
Nurhayati N, dkk. 2019. Pengaruh Citra Destinasi dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali (Studi Kasus pada Pengunjung Pencak Darma Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 8(10) 1123-1134.
Prayogo, R. 2018. Perkembangan Pariwisata dalam Perspektif Pemasaran, Surabaya: PT Lontar Digital Asia. Bitread Publishing.
Purnawijaya F,M. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Kedai 27 di Surabaya. Jurnal Agora 7(1).
Rahmawati I, Illiyin R. 2021. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hp Oppo. Jurnal Ilmiah Hospitality 10(1) 103-111.
Rai, U. 2016. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: CV Budi Utama. Redita, R., Sunarti., Pangestuti, E. 2017. Pengaruh Destination Image dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Museum Angkut Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 50 No. 6 (September) 138- 143.
Sanggetang V, Mandey S.L, Moniharapon. 2019. Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA 7(1), 881- 890.
Sari R, Natalia W. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Usaha Dagang Keripik Buah “Mekar Sari” di Desa Tlogo III, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Jurnal Translitera 10(1) 93- 102.
Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., Rachmadian, A., Susanto, H. 2021. Pengaruh Citra Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Pantai Tiga Warna. Journal of Management Studies, Vol. 15 No. 2 (Oktober) 134-148.
Sitanggang F, dkk. 2020. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ban Sepeda Motor Merek Swallow pada PT. Industri Karet Deli Medan. Jurnal Tijarah 1(19) 135-142.
Sodik, M., Nawangsih, Ninik, L. 2019. Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Puncah B29 Kabupaten Lumajang. Jurnal Manajemen Organisasi dan Bisnis, Vol. 1 No. 4 (Juni) 48-51.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suprajang S.E, Tarmudzi I. 2021. Kewirausahaan di Era Disrupsi. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Suryadana,M., & Octavia, V. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata (D. Handi Ed.).
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Trimuti, C, Utama, I. 2020. Model Pengembangan Destinasi Dalam Prespektif Motivasi Berwisata. Yogyakarta: Deepublish.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Jakarta.
Wardani S, Permatasari R. 2022. Pengaruh Pengembangan Karier dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Staf UmumBagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (PENERBAD) di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress 12(1) 13-25.
Wijayanto, D. 2013. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Yolanda, Wijanarko D.H. 2018. Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap
Keputusan Pembelian Air Minum Merk Aqua serta Implikasinya terhadap Citra
Merek di Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur. Jurnal Manajemen 6(1) 88- 10