STUDI KEPUASAN KONSUMEN: KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI PADA PESERTA JAMINAN HARI TUA BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA BLITAR
Keywords:
Kepuasan Konsumen, Kinerja Pegawai, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yakni guna menganalisis bagaimana peranan Mutu Pelayanan Dan Kinerja Pegawai pada rasa puas Peserta Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Blitar. Pada Penelitian yakni penelitian kuantitatif yang mempergunakan suatu data primer serta data sekunder. Populasi penelitian ialah suatu rata-ratanya setiap bulan Peserta Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Blitar yang berjumah 623 orang. Sampel penelitian berjumlah 86 orang. Metode analisis penelitian yakni metode regresi linier berganda. Hasil yakni penelitian menghasilkan 1) mutu pelayanan berpengaruh penting dalam meningkatkan kepuasan konsumen, 2) Kinerja Pegawai juga sangat penting dalam pemasaran perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen semakin baik dan 3) mutu layanan serta kinerja pegawai secara bersamaan sangat berpengaruh positif serta signifikan pada kepuasan konsumen.
References
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT.Grafindo.
Bandung. Paselong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Darma. 2011. Metodologi Penelitian: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: CV. Trans Info Media
Daryanto. 2014. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Graha ilmu
Edy, Sutrisno. 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik.
Jakarta: PT BumiAksara
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS Hasibuan, Malayu SP. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan keempatbelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT.Raja Grafindo Persada. Ikhsan, Nuri Maulana. 2017. Implementasi IBM SPSS STATISTIC 23 DALAM ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA. Cetakan pertama. Malang: JANEGA PRESS
Indrawati ,Ayu Desi. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Vol. 7, No. 2
Kuswanto. 2012. STATISTIK UNTUK PEMULA DAN ORANG AWAM:
Analisis Data dan Teknik Pembuatan Lapangan. Edisi ke satu. Jakarta Timur: Laskar Aksara
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.
Edisi ke Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat Mangkunegara A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen sumber daya manusia.
Bandung: RemajaRosdakarya.
Marwansyah. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Nazir, Mohammad. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia Nugroho, Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian
Dengan SPSS.Yogyakarta: Andi
Nursalam. 2015. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika
Prayoga, E 2018, Perbandingan Efek Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper betle L.) dengan Metode Difusi Disk dan Sumuran terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus, Skripsi program Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Hlm 8-10, diakses 18 Desember 2018.
Rivai Dan Ella Sagala, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS. Jakarta: Aksara Nusa Jaya Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar
Siswadi dan Sarwono. 2016. Uji Sistem Pemberian Nutrisi dan Macam Media Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada ( Lactuca sativa L ) Hidroponik. Jurnal Agronomika. Surakarta ; Vol. 08. No. 01.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: PT. Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. edisi kedua. Bandung: PT. Alfabeta
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsi, Penerapan Penelitian). Yogyakarta: CV. Andi Offiset.
Tjiptono, F dan Gregorius C. 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offiset.
Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Widoyoko, E.P. 2015. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zakaria, D. G. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 1-18.