ANALISIS KEMASAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Luluk Hariati STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

Kemasan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli dimana konsumen benar-benar akan membeli.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian sambel pecel pada UD. Sambel Pecel Al-Barokah Blitar. Populasi penelitian ini, konsumen UD. Sambel Pecel Al-Barokah Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitati dengan sampel 60 responden yang menggunakan metode probability sampling dan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Hasil dari regresi linear berganda menunjukkan nilai thitung dari kemasan sebesar 2,228 yang menunjukkan bahwa Ha1 diterima dan Ho1 ditolak.sedangkan harga sebesar 3,560 yang menunjukkan bahwa Ha1 diterima dan Ho2 ditolak. Hasil uji f penelitian ini fhitung sebesar 28.627 dan nilai signifikansinya 0.000 sehingga ada pengaruh kemasan dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji determinasi menunjukkan nilai adjusted r square 0.501 sehinga kemasan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 50.1% sedangkan sisanya 49.9% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.Kesimpulan dari penelitian ini  menunjukkan bahwa semakin baik kemasan dan penetapan harga dari sambel pecel AL-Barokah Blitar, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian.

References

Akrom (2013). Pengaruh kemasan, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Jurnal manajemen fakultas ekonomi dan bisnis. Universitas Negeri Semarang.

Darmawan, D. D. D. 2017. Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Jurnal Agribisnis Unimas (AGRIMAS)

Ginting. 2022 . Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scincare Scarlett Whitening(Studi Kasus Pada Toko WN Kosmetik). Medan

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). New Jersey: Pearson Prentince Hall.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13.Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Nurjanah, 2019. Pengaruh Kemasan Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UKM Pandi Lanthing, Kabupaten Kebumen

Nurrahman, 2022. Pengaruh Kualitas, Harga dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tulang Muda Sapi Sinar.Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. Semarang

Purnaningrum, 2021. Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Minuman Coffe di Cafe Cyclo. Jurnal o Sustainability Business Research. Sidoarjo

Putri Bella, 2021 Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Omah Jenang Blitar. STIE Kesuma Negara Blitar

Putri Bella, 2022 Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Omah Jenang Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan(PENATARAN). 7(2)

Rahmat Hasyendra, 2021. Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman XIBOBA Dikalangan Generasi Milenial. Pekanbaru

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Wismiarsi, 2015. Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen&Bisnis. Sriwijaya

Downloads

Published

29-01-2024

How to Cite

Hariati, L. (2024). ANALISIS KEMASAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 6(1), 39–48. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/801

Issue

Section

Articles