OPTIMASI PELAYANAN PUBLIK: ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA WATES
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kinerja, KepuasanAbstract
Kantor Desa sebagai salah satu sarana pelayanan masyarakat, pada saat ini telah menunjukkan perkembangannya yang mengarah kepada profesionalisme yang bergerak dibidang jasa pemerintahan. Organisasi dibidang pemerintah menuntut pegawai menjadi lebih baik dalam hal pelayanan. Kantor Desa Wates merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kualitas dan kinerja pegawai berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat Kantor Desa Wates. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah kartu keluarga masyarakat Desa Wates. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunkan rumus slovin, terdiri dari 100 responden. Kualitas pelayanan dan kinerja pegawai berdampak positif terhadap kepuasan masyarakat, hal ini dibuktikan dari t hitung 3.124 dan 3.832. Nilai t tabel 1984 maka kualitas pelayanan dan kinerja pegawai berpengaruh pada kepuasan masyarakat.selain itu, seluruh instrument dalam penelitian ini valid dan reliable sehingga dapat menghasilkan seluruh pengujian yang tepat dan akurat. Seluruh instrument menghasilkan rata-rata nilai 4 (setuju) yang berarti seluruh instrument dan indikator mendukung hasil bahwa pelayanan dan kinerja berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.
References
Amhas, M. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar 01 Selatan. Jurnal Mirai Management, 3(1), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
Anshori, M., & Isnawati, S. (2017). Metodelogi Penelitian kuantitatif (2nd ed.). Airlangga University Press.
Bharmawan, A. S., & Hanif, N. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa Strategi, Mengukur, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (S. A. Barmawan (ed.)). SCOPINDO.
Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. GAVA MEDIA.
Habib, F., Keke, Y., & Ratnasari, D. (2021). Pengaruh Kinerja Karyawan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Drive Thru Tahun 2020. Scriptura, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.35-40
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (turi (ed.)). GAVA MEDIA. www.gavamedia.net
Hasanah, M. (2019). pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah (studi kasus pada pt. taspen (persero) kantor cabang mataram). LVI(1), 190–214.
Herman, H., Tobing, V. C. L., & Dosen. (2019). Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan KTP-el Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Mederasi Di Kecamatan Batam Kota, Batam. Jurnal Akuntansi Balerang, 2(1), 1–15.
Ismawanto, T., Setianegara, R. G., & Rahmani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Frontliner Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i1.1713
Mayasari, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 36–44. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.181
Mursyidah, L., & Choiriyah, I. U. (2020). Manajemen Pelayanan Publik (I. Rodiyah (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press.
Nurhidayat, A., & Efendi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik, Responsivitas Dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Purwosari Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 357–364. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i2.1752
Putu, N., Tresna, Y., Usadha, D. N., & Kamala, D. (2022). kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan konsumen pt. jasa marga. 8(1), 25–36.
Sari, A. A. I. K., Putra, I. B. U., & Amerta, I. M. S. (2021). Antesenden Kinerja Pegawai (I. B. U. Putra & I. M. S. Amerta (eds.)). SCOPINDO.
Semil, N. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintahan (B. Bungin (ed.); 1st ed.). Prenadamedia. www.prenadamedia.com
Wahyuni, wayan sri asih, Sitiari, ni wayan, & Sara, i made. (2021). Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. scopindo.
Yuliati, Y., & Wahyuningsih, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang). Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(2), 324–336. https://doi.org/10.34152/fe.14.2.324-336