ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN UMKM COOKING ONLINE KOTA BLITAR

Authors

  • Andri Wulan Indah STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

Lokasi, Kelengkapan Produk, Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Lokasi memengaruhi keputusan pembelian (2) Kelengkapan produk memengaruhi keputusan pembelian (3) Harga memengaruhi keputusan pembelian (4) Promosi memengaruhi keputusan pembelian (5) Kualitas pelayanan memengaruhi keputusan pembelian (6) Lokasi, kelengkapan produk, harga, promosi, dan kualitas layanan  mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah konsumen UMKM Cooking Online Kota Blitar. Sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisione, observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan: (1) Tidak ada pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian. (2) Kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (3) Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. (4) Tidak terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. (5) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (6) Lokasi, kelengkapan produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Creswell, J. 2012. RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip, dan Amstrong. 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip, Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta Erlangga

Silaen, 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media, Bandung

Stanton, William, J. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan pR&D. Bandung. Afabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. CV

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

27-04-2023

How to Cite

Indah, A. W. . (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN UMKM COOKING ONLINE KOTA BLITAR. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 5(2), 137–144. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/709

Issue

Section

Articles