DAMPAK MODEL KEMASAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Suwito Raharjo STIE Kesuma Negara Blitar

Abstract

Memiliki model kemasan yang unik dan harga  yang relatif terjangkau merupakan suatu keharusan bagi setiap perusahaan. Karena model kemasan  merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Model kemasan yang unik dapat mengembangkan citra perusahaan dengan membawa nama perusahaan, dengan harga yang terjangkau ini membantu mengiklankan kualitas dan besarnya perusahaan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana model kemasan dan harga berpengaruh terhadap keputusan membeli produk Oil Sun Flower Di CV Bunga Matahari di Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian membuktikan bahwa semua variabel dari variabel independen Model Kemasan dan Harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian Produk Oil Sun Flower, selain itu hasil penelitian ini membuktikan bahwa semua variabel Model Kemasan dan variabel Harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen, yaitu Keputusan Pembelian


Kata kunci : model kemasan, harga produk, keputusan pembelian

References

Abdullah, M. 2009. Pengantar Nanosains. Bandung: Penerbit ITB.

Alma, Shultz. 1998. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks,

Al-Ghifari. 1997. Regresi Linier Sederhana. Yogyakarta: Liberty,

Assauri. 2001. Teori Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press,

Azwar, Saifuddin.2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Dadun. Abdul Manaf. 2005. Pengaruh Kemasan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Extra Joss Pada PT. Bintang Toedjoe,

Ghozali, Imam.2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,

Hasan, Iqbal. 2001. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensi). Edisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara,

Indah Sari, N. N., & Damayanti, K. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Guna Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Industri Rumah Opak Gambir Sekar Mawar Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(2), 171-179,

Kotler, Amstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Prentice Hall-Inc,

Kotler, Keller. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesebelas. Jakarta : Erlangga,

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Di Indonesia : Analisa Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat,

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat,

Muchamad Chusnul Akrom. 2013. Pengaruh Kemasan dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Keripik Paru UMKM Sukorejo Kendal,

Nurul Risky. F. 2012. Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Keripik Pisang di Supermarket Sentosa Kota Jombang),

Rizki M Nurafdal. 2011. Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush (Pada PT Hadji Kalla di Semarang),

Savira, Y., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan UD Triputra Selaras. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1), 81-93,

Setiadi, NJ. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana,

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia,

Sri Irmayanti. T. 2017. Pengaruh Merk, Kemasan dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Mokko Donut dan Coffe Kendari,

Swastha dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, analisis perilaku konsumen, edisi pertama, cetakan keempat. Yogyakarta : BPFE,

Tika H. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara, Jakarta,

Tjiptono, Fandy. 2002. STrategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi,

Zunita Rohmawati. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kemasan dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Lily Bakery Lamongan.,

----------------2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesebelas. Jakarta : Erlangga,

----------------2007. Manajemen Pemasaran : Analisa Perencanaan, Pengendalian. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Salemba Empat,

----------------2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi kedua belas. Jakarta : Erlangga

Downloads

Published

28-01-2022

How to Cite

Raharjo, S. (2022). DAMPAK MODEL KEMASAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 4(1), 51–61. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/602

Issue

Section

Articles