PERAN HARGA DAN PROMOSI SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN PADA BLITZ CELL SUMBERINGIN

Authors

  • Anggie Dira Larisa STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Harga dan promosi merupakan dua elemen pokok dalam strategi pemasaran yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan pada dasarnya merupakan salah satu tujuan utama yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan, baik perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun yang menjual barang. Untuk mencapai tingkat kepuasan yang optimal, perusahaan harus mampu mengelola strategi harga yang tepat dan menyusun program promosi yang efektif serta saling melengkapi. Harga yang sesuai dengan daya beli konsumen, dikombinasikan dengan promosi yang menarik dan informatif, dapat menjadi faktor penentu dalam menciptakan persepsi positif terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Strategi penetapan harga yang tepat tidak hanya membantu perusahaan dalam menentukan posisi di pasar, tetapi juga berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Demikian pula, kegiatan promosi yang dilakukan secara konsisten akan membantu memperkenalkan produk, meningkatkan minat beli, serta memberikan dorongan bagi konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Dengan demikian, harga dan promosi harus berjalan beriringan serta direncanakan secara matang agar dapat mendukung keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen Blitz Cell Sumberingin sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran empiris mengenai pentingnya strategi harga dan promosi yang selaras dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus menjadi referensi bagi pelaku usaha dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.

 

References

Akbar, Rizky Satria. 2020.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen GO-JEK. Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Cannon, Perreault dan McCarthy. 2012. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya.

Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2017. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta.Andi.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2017. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Listiawati, Raden dan Tuti. 2017. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. Jurnal. Banten. Universitas Bina Bangsa.

Maaruf, Abdulah. 2016. Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta:CV: Aswaja Pressindo

Nugroho. J. Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Perada Media

Philip Kotler, A.B. Susanto, 2014. Manajemen Pemasaran di Indonesia. (Jakarta: PT Salemba Emban Patria

Rianto, Muhammad Richo, Novita, dan Heni. 2022. Pengaruh Harga, Promosi, dan Inovasi terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jakarta. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Saidani, Basrah. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal. Universitas Negeri Jakarta

Saputra, Ade Oktafiara, Wahyu dan Sari. 2016. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel AHASS 0002 Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal. Semarang. Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.

Syerlina, Dini dan Nurhalik. 2022. Pengaruh Harga, Promosi ddan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Laundry 99 di Makassar. Jurnal. Makassar. ITB Nobel Indonesia Makassar.

Downloads

Published

01-10-2025

How to Cite

Larisa, A. D. . (2025). PERAN HARGA DAN PROMOSI SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN PADA BLITZ CELL SUMBERINGIN. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 7(4), 356–367. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/1017

Issue

Section

Articles