ANALISIS FAKTOR KUALITAS PRODUK DAN HARGA GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA GENTENG UD SUPER BLITAR

Authors

  • Ayu Agustina
  • Siti Sunrowiyati

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada UD Super bahan baku yang langsung diolah tanpa adanya pengecekan ulang membuat kualitas produk menjadi kurang bagus. Produk yang dihasilkan dengan kualitas yang kurang bagus tersebut menyebabkan volume penjualan mengalami penurunan. Volume penjualan merupakan sumber hidup perusahaan karena dengan volume penjualan dapat melihat naik turunnya pendapatan perusahaan. Selama ini harga yang ditetapkan perusahaan lebih tinggi dari para pesaing yang memproduksi produk sejenis. Harga jual tersebut membuat perusahaan kesulitan meningkatkan volume penjualan.

Pada penelitian ini menguji apakah kualitas produk dan harga berpengaruh untuk meningkatkan volume penjualan pada perusahaan. penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, analisis ini untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing-masing variabel independen berpengaruh positif atau negatif dan memprediksi nilai dari variabel dependen apabila variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan.

Dari hasil perhitungan regresi linier dapat dilihat dengan meningkatkan kualitas produk dan pengurangan harga jual akan dapat meingkatkan volume penjualan. UD Super sebaiknya meningkatkan kualitas dalam produk yang dihasilkan untuk menarik minat konsumen. dengan peningkatan kualitas produk dan penetapan harga produk yang sesuai dengan harga pesaing diharapkan dapat mendorong peningkatan volume penjualan.

 

Kata Kunci : Kualitas produk, harga, volume penjualan

Downloads

Published

02-02-2022

How to Cite

Agustina, A., & Sunrowiyati, S. (2022). ANALISIS FAKTOR KUALITAS PRODUK DAN HARGA GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA GENTENG UD SUPER BLITAR. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 104–114. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/437

Issue

Section

Articles